nusabali

Undiksha Bahas Kerjasama dengan Dubes India

  • www.nusabali.com-undiksha-bahas-kerjasama-dengan-dubes-india

Komitmen untuk menjadi Universitas Unggul di Asia, terus digenjot Univeristas Pendikan Ganesha (Undiksha).

SINGARAJA, NusaBali
Undiksha yang menetapkan tahun 2018 sebagai tahun internasionalisasi, terus membangun jaringan dengan negara tetangga. Salah satunya pembahasan kerjasama dengan Kedutaan Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, pada Senin (3/12) kemarin.

Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Pradeep Kumar Rawat, dalam kunjungannya diterima Wakil Rektor IV, Drs I Wayan Suarnajaya MA PhD di ruang kerjanya, membahas soal rencana kerjasama dalam bidang pendidikan yakni pertukaran mahasiswa.

Kumar Rawat dalam kesempatan itu menyampaikan di India terdapat sejumlah perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Pihaknya pun ada ketertarikan untuk menjalin hal serupa dengan Undiksha. Ia juga menegaskan dalam kerjasama itu, tak hanya berkaitan soal akademis,  tetapi juga kebudayaan.

Hal tersebut, oleh Suarnajaya direspons positif. Sebab, sejauh ini belum ada kerjasama dengan India. “Kami merespons positif hal ini. Dan berharap bisa berjalan. Kami sudah minta data perguruan tinggi yang memungkinkan untuk diajak kerjasama. Diinformasiikan ada sejumlah beasiswa untuk pendidikan S2 dan S-3,” kata Suarnajaya.

Menindaklanjuti itu, akademisi asal Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung ini berharap segera ada data perguruan tinggi yang memungkinkan diajak menjalin kerjasama. Sejauh ini, universitas yang telah memiliki Fakultas Kedokteran ini sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Thailand, Malaysia dan Filipina. Beberapa juga di wilayah Eropa.

Puluhan mahasiswa Undiksha juga disebutnya sudah mengikuti program pertukaran antar negara ini melalui program kemah budaya, PKL dan PPL di Thailand. Menurutnya program ini, tak hanya penting untuk meningkatkan kualitas akademis. Tetapi juga pengembangan karakter. Mahasiswa yang terlibat mendapat kesempatan menimba pengalaman lebih.*k23

Komentar