nusabali

Banjar Sungiang Sari Gelar Karya Panyineb Utama

  • www.nusabali.com-banjar-sungiang-sari-gelar-karya-panyineb-utama

Rampungnya pembangunan Balai Banjar Sungiang Sari di Desa Sumerta Kelod, Denpasar Timur, dipungkasi dengan Karya Panyineb Utama Ning Utama ring Ratu Gede Penyarikan Pura Banjar Sungiang Sari pada Saniscara Kliwon Wariga, Sabtu (1/12).

DENPASAR, NusaBali
“Kegiatan karya ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya digelar pada 7 Oktober 2017 dan 5 Mei 2018. Dan kali ini merupakan karya penutup,” kata Kelian Banjar Sungiang Sari Ketut Putra, Sabtu (1/12) malam.

Proses pembangunan Balai Banjar Sungiang Sari ini, menurut Ketut Putra, menelan biaya sekitar Rp 600 juta. “Pembangunannya dilakukan tiga tahap. Pertama balai banjarnya. Kedua palinggih dan balai kulkul. Dan tahap terakhir pembangunan panyengker banjar,” kata Ketut Putra didampingi Kepala Dusun Sungiang Sari I Made Arya.

Distribusi anggaran di antaranya Rp 180 juta untuk pembangunannya saja. Lalu palinggih menghabiskan dana sekitar Rp 179 juta, sedangkan panyengker Rp 110 juta. Diharapkan dengan tuntasnya pembangunan balai banjar ini, dalam hal upakara semakin membuat antusias warga. “Harapan lainnya agar kegotong-royongan dan kegiatan sosial dapat lebih ditingkatkan,” kata Ketut Putra.

Karya Panyineb Utama yang dipuput oleh Ida Pedanda Istri Oka dari Griya Telaga Sungiang Sari, dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar I Gusti Ngurah Bagus Mataram yang mewakili Walikota Denpasar. Pada kesempatan itu, Mataram juga menyerahkan punia untuk Banjar Sungiang Sari. Hadir pula Camat Denpasar Timur I Dewa Made Puspawan, dan mantan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, selaku Ketua Panitia Karya.  

Pada Karya Panyineb Utama tersebut juga ditampilkan sejumlah pagelaran, di antaranya Sekaa Tabuh Sanggar Griya Sakti Telaga Githa Sungiang Sari,

Topeng Wali dari Griya Telaga Sungiang Sari, Wayang Lemah, Rejang Dewa dari Griya Telaga Sungiang Sari, Rejang Renteng Ibu-ibu PKK Banjar Sungiang Sari hingga Bondres Jaman Now yang menampilkan MKP & Liku Kartono. *mao

Komentar