nusabali

Tertimpa Pondasi Tembok, 7 Mahasiswa Tewas

  • www.nusabali.com-tertimpa-pondasi-tembok-7-mahasiswa-tewas

Sebanyak 7 orang mahasiswa meninggal dunia dan 9 lainnya luka-luka akibat terjadi longsor di Pemandian Daur Paris, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada Minggu (2/12), sekitar pukul 06.00 WIB.

Pemandian di Karo Longsor

KARO, NusaBali
Usai musibah itu, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dibantu personel kepolisian dan warga setempat langsung melakukan evakuasi. Kelima korban yang meninggal dunia sudah dievakuasi ke RS Amanda. Sedangkan tujuh korban luka dibawa ke RS Amanda dan dua lainnya ke RS Evarina.

"Korban meninggal dunia dan luka-luka sekarang ada di Rumah Sakit Amanda dan Evarina," kata Kepala (BPBD) Kabupaten Karo, Martin Sitepu ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya dari Medan, Minggu, seperti dilaporkan Antara.

Dia menjelaskan, 7 orang meninggal dunia berada di RS Amanda. Sedangkan 9 korban cedera berada di 2 rumah sakit. Tujuh orang berada di RS Amanda dan 2 orang lainnya di RS Efarina.

Dari 7 korban meninggal dunia itu, 5 orang sudah terindentifikasi dan dua orang lainnya, berjenis kelamin perempuan belum terindentifikasi.

Martin menyebutkan, hasil pendataan sementara, semua korban merupakan mahasiswa Universitas Prima Indonesia Medan yang sedang berwisata di pemandian itu. Martin mengakui, beberapa pekan terakhir di kawasan Karo cenderung terjadi curah hujan yang lebat.

"Tim masih terus melakukan pencarian di lokasi sembari mencari tahu data lebih lanjut. Siapa tau ada korban lainnya," demikian Martin.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Hutajulu mengatakan korban tewas dan luka-luka tertimpa ambrukan tembok penginapan saat longsor melanda objek wisata tersebut. Para mahasiswa diketahui memasang tenda dan berkemah di bawah kawasan pondasi turap tersebut.

Saat itu para korban tengah mengikuti kegiatan malam keakraban dan menginap di tempat istirahat yang ada di pemandian tersebut. "Sebagian besar korban merupakan mahasiswa senior dan mahasiswa baru," katanya.

Benny mengimbau kepada seluruh masyarakat agar waspada bila terjadi hujan lebat, khususnya bagi warga yang tinggal di atas maupun di bawah bukit. Dia berharap warga mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman agar tidak ada lagi korban jiwa akibat longsor. *

Komentar