nusabali

Hari Bhakti PUPR, Penghijauan di Embung Temukus

  • www.nusabali.com-hari-bhakti-pupr-penghijauan-di-embung-temukus

Dinas PUPR Bali menggelar penghijauan untuk memperingati Hari Bhakti PUPR ke-73 di kawasan embung Banjar Temukus, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Jumat (30/11).

AMLAPURA, NusaBali
Aksi yang dipimpin Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Bali Dewa Ayu Puspa Dewi diisi dengan menanam 2.000 bibit cempaka, majegau, cendana, dan intaran.  Penghijauan dihadiri Kepala Balai Wilayah Sungai Bali Penida I Ketut Jayada, Camat Rendang I Wayan Mastra, Perbekel Desa Besakih I Wayan Benya, Kelian Banjar Temukus I Wayan Sudiana, dan Bendesa Pakraman Temukus I Nengah Sindia.

Penghijauan melibatkan pegawai Dinas PUPR Bali dan Dinas PUPR Karangasem. Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Bali, Dewa Ayu Puspa Dewi, mengatakan penghijauan bertujuan melestarikan tanaman langka yang dibutuhkan untuk upacara, terutama majegau dan cendana. Tujuan lainnya meningkatkan resapan air hujan, mencegah terjadinya erosi, tanah longsor, dan memperkuat infrastruktur embung.

Dewa Puspa Dewi didampingi Ketua Panitia, Cok Bagus Purna Warman, mengatakan curah hujan di Besakih cukup tinggi. Agar air hujan lebih banyak tertahan di tanah, makanya dilakukan penghijauan agar daya resap air meningkat. Penghijauan dilakukan di seluruh bangunan embung yang tersebar di Karangasem. Tercatat sebanyak 21 embung yang dibangun perlu diperkuat dengan menanam pohon yang bermanfaat untuk masyarakat. Sebab bangunan embung itu dibangun di lereng Gunung Agung yang merupakan daerah lintasan air hujan dari lereng Gunung Agung.

Sementara Ketua Balai Wilayah Sungai Bali Penida, I Ketut Jayada, mengingatkan banyak manfaat penghijauan, terutama di embung Banjar Temukus Besakih. Sebab di wilayah embung telah dibangun Objek Wisata Taman Edelweiss yang mulai diminati pengunjung. Secara tidak langsung pengunjung ke Taman Edelweiss mengetahui bangunan embung berikut manfaatnya.

Dikatakan, Pemerintah Pusat berkomitmen memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Ttulah sebabnya di perayaan Hari Bhakti PUPR yang puncaknya 3 Desember 2018 bertemakan ‘Membangun Infrastruktur Mempersatukan Bangsa’. Bendesa Pakraman Temukus, I Nengah Sindia, mengapresiasi Dinas PUPR Provinsi Bali, Balai Wilayah Sungai Bali Penida dan jajarannya menggelar penghijauan di Desa Pakraman Temukus. Sehingga secara tidak langsung Desa Pakraman Temukus yang tengah gencar membangun Objek Wisata Taman Edelweiss semakin dikenal. *k16

Komentar