nusabali

Terowongan Jebol, Subak Tamanbali Tidak Dapat Air

  • www.nusabali.com-terowongan-jebol-subak-tamanbali-tidak-dapat-air

Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Bangli mengakibatkan terowongan air irigasi di Dusun Sidawa, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, jebol.

BANGLI, NusaBali
Dampaknya, subak di Desa Tamanbali dan Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, sementara tidak mendapat pasokan air.

Kasi Sumber Daya Air (SDA) Dinas PU Perkim Bangli, Ida Bagus Adnyana, mengungkapkan terowongan air irigasi jebol pada Rabu (28/11) lalu. Saat kejadian belum diketahui titik jebolnya. Petugas bendung melakukan pencarian, ditemukan titik terowongan jebol. Terowongan masih tertutup, air untuk irigasi disalurkan ke lokasi lain. “Terpaksa air dibuang, kalau dipaksa dialirkan, khawatir tekanan air ke samping memicu jebol kembali. Terowongan jebol sepanjang 10 meter,” ungkap IB Adnyana, Jumat (30/11).

Imbas jebolnya terowongan, subak di Tamanbali tidak mendapat air. Dikatakan, perbaikan segera dilakukan. “Petugas bendung sudah dua kali masuk, karena kondisi seperti ini belum berani melakukan pengerukan. Bila cuaca mendukung, kami bersama subak akan melakukan pembersihan,” jelasnya. Jika petugas maupun krama subak tidak bisa mengerjakan, akan dicarikan tenaga dari luar. *es

Komentar