nusabali

ODGJ Diduga Biang Terbakarnya Mess Kasek SDN 3 Depaha

  • www.nusabali.com-odgj-diduga-biang-terbakarnya-mess-kasek-sdn-3-depaha

Warga Banjar Dinas Dangin Pura, Desa Depaha, Kecamatan Kubutambahan Buleleng, Kamis (29/11) malam dihebohkan dengan peristiwa kebakaran mess Kepala Sekolah (Kasek) SDN 3 Depaha.

SINGARAJA, NusaBali
Beruntung mess kasek itu selama ini tidak ditempati. Peristiwa kebakaran itu diduga akibat pembakaran sampah yang dilakukan oleh Orang Dengan Gangguan Kejiwaan (ODGJ).

Kebakaran yang melalap habis bangunan seluas 8 meter x 7 meter persegi itu pertamakali terlihat pada pukul 20.00 WITA. Saat itu Gede Sassarto, 42, warga Banjar Dinas Dauh Margi, Desa Tunjung, Kecamatan Kubutambahan dan I Made Sukarta, 42, warga Banjar Dinas Penulisan, Desa Tunjung, Kecamatan Sukasada Buleleng yang sedang melintas sudah melihat api besar di bagian atap gedung. Api baru dapat dipadamkan pada pukul 22.00 WITA dengan bantuan petugas pemadam kebakaran.

Kapolsek Kubutambahan, AKP I Made Mustiada dikonfirmasi terpisah Jumat (30/11) kemarin membenarkan kejadian kebakaran mess Kasek SDN 3 Depaha. Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi dan keterangan warga setempat, kebakaran di bangunan kosong itu diduga dilakukan oleh seorang nenek yang mengalami ODGJ asal Desa Tunjung.

Beberapa jam sebelum kejadian ada warga yang melihat Meme Gun, ODGJ yang berumur 50 tahun itu membakar sampah di dalam mess kasek SDN 3 Depaha. Hal serupa juga pernah dilakukan Meme Gun beberapa waktu lalu dengan lokasi di kamar kecil sekolah. Beruntung api segera dapat dipadamkan sehingga tak cepat merembet ke bangunan sekolah lainnya.

“Jadi dari keterangan kepala sekolahnya I Wayan Sridana, mess itu dalam keadaan kosong tak ada yang menghuni dan tidak dialiri listrik. Hanya ada beberapa meja, kursi dan lemari yang sudah rusak. Dugaan sementara karena ada nenek ODGJ yang bakar sampah dalam mess itu,” ungkap AKP Mustiada. Akibat kejadian itu, SDN 3 Depaha diperkirakan mengalami kerugian sekitar Rp 30 juta. *k23

Komentar