nusabali

Panglima TNI Ingatkan Netralitas di Pilpres 2019

  • www.nusabali.com-panglima-tni-ingatkan-netralitas-di-pilpres-2019

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengingatkan prajurit TNI AD untuk menjaga netralitas TNI di Pilpres 2019.

JAKARTA, NusaBali
Itu disampaikannya pada acara serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dari Jenderal TNI Mulyono kepada Jenderal TNI Andika Perkasa, di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Kamis (29/11).

"Pada tahun 2019 kita akan melaksanakan perhelatan nasional berupa pemilihan presiden dan pemilihan legislatif. Saya kembali menekankan agar seluruh prajurit TNI Angkatan Darat memegang teguh netralitas TNI dan tidak memihak pada kontestan manapun," kata Panglima Hadi Tjahjanto, seperti dilansir detikcom.

Dia menuturkan, netralitas TNI merupakan benteng agar pemilu berjalan jujur dan adil. "Netralitas TNI adalah formulasi terbaik tentang posisi TNI dalam kontestasi pemilihan umum agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan jujur, adil dan berkualitas," sambungnya.

Selain menekankan netralitas TNI di pilpres, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga memberikan 4 pesan. Pesan pertama khusus dia berikan untuk Andika. "Pertama, laksanakan tugas KSAD dengan penuh keikhlasan dan ketulusan, serta dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.

Kemudian meminta Andika untuk segera melaksanakan konsolidasi internal dengan seluruh jajaran pimpinan TNI AD agar mendapatkan visi yang searah. Dia juga meminta Andika agar menjaga silahturahmi dengan para senior maupun purnawirawan TNI AD. "Keempat, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta pupuk terus semangat sinergi demi pengabdian yang terbaik untuk negeri," ungkapnya.

Seperti diketahui, Jenderal Andika Perkasa yang juga menantu mantan Kepala BIN Hendropriyono ini resmi dilantik sebagai KSAD menggantikan Jenderal Mulyono. Andika dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (22/11) di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat. *

Komentar