nusabali

Pengusaha Muda Dilatih Kewirausahaan

  • www.nusabali.com-pengusaha-muda-dilatih-kewirausahaan

Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar pelatihan kewirausahaan di aula Widya Loka kantor setempat, Kamis (29/11).

AMLAPURA, NusaBali
Pelatihan kewirausahaan ini diikuti 60 pengusaha muda. Tujuannya meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan produksi, pemasaran hingga permodalan. Pelatihan yang dibuka Sekretaris Disdikpora, I Wayan Sutrisna, ini menghadirkan dua narasumber.

Kepala Bidang Pembinaan Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Karangasem, I Wayan Putu Susila, mengingatkan di dalam kewirausahaan sedapat mungkin agar menjadi pengusaha sukses. Diusahakan menjadi yang pertama dan terbesar. Kewirausahaan didukung tiga pilar yakni penyadaran tentang pentingnya kewirausahaan di kalangan pemuda, pilar pemberdayaan menyangkut pelayanan pemagangan, dan pilar pengembangan dengan membuka fasilitas dan akses permodalan. “Menjadi pengusaha jadilah yang pertama dan terbesar. Begitulah bisnis, semakin langka semakin dicari konsumen,” jelas Putu Susila.

Selain memberikan materi Putu Susila juga mengingatkan wirausaha muda agar tidak terjerumus ke pergaulan yang membahayakan masa depan. Pergaulan negatif dimaksud yakni menjauhi narkoba, mabuk-mabukan, hura-hura, dan sebagainya. Pemateri lainnya, I Wayan Merta Yasa, memberikan motivasi agar pantang menyerah menghadapi tantangan, persaingan, dan berbagai hambatan di lapangan. Salah seorang peserta, Ni Nyoman Artini, dari Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, mengaku tertarik ikut pelatihan untuk mengembangkan usaha ternak babi. “Sementara saya memelihara 4 babi induk, saya berharap dapat ilmu untuk meningkatkan produksi dan memperlancar pemasaran,” harap Artini.

Rekannya Ni Luh Evi Novianawati pedagang dari Banjar Tengah, Desa Datah, Kecamatan Abang juga berharap agar selama pelatihan dapat strategi meningkatkan omzet dan pangsa pasar lebih luas. “Paling tidak mengerti manajemen sebagai pedagang, memperluas jaringan, dan meningkatkan produksi,” katanya. Pelatihan kewirausahaan ini dibuka Sekretaris Disdikpora Karangasem I Wayan Sutrisna. Pesertanya berasal dari delapan kecamatan se-Karangasem. *k16

Komentar