nusabali

Objek Wisata Pura Puseh Batuan Tak Pakai Tiket

  • www.nusabali.com-objek-wisata-pura-puseh-batuan-tak-pakai-tiket

Pura Puseh Desa Batuan yang selama ini menjadi daya tarik wisata di Gianyar, memastikan tetap memakai sistem donasi atau uang sukarela untuk masuk objek wisata setempat.

GIANYAR, NusaBali
Pihak desa selaku pengelola objek ini tak memberlakukan tiket masuk untuk wisatawan. Hal itu ditegaskan Bendesa Pakraman Batuan I Made Djabur BA, Senin (26/11). Menurut Djabur, keputusan untuk tetap memakai sistem donasi merupakan hasil paruman desa, Minggu (25/11). Kata dia, krama desa tidak mau buru-buru menentukan rencana kerjasama pengelolaan dengan Pemkab Gianyar atau mengelola sendiri dengan membuatkan karcis masuk (tiket). “Sementara kami tetap jalan seperti saat ini, pakai donasi. Ke depan jika sudah ada payung hukum yang mengatur, kami akan bahas kembali,” jelas Made Djabur.

Terkait adanya wacana kerjasama dengan Pemkab Gianyar pasca pertemuan dengan Bupati beberapa waktu lalu, Made Djabur mengaku pertemuan itu sebatas koordinasi. “Memang ada imbauan agar ada kerjasama memakai tiket, tapi belum ada keputusan. Tapi dalam paruman, prajuru dan krama sepakat tetap pakai donasi,” tegasnya. Dikatakan, uang donasi ini nominalnya tidak mengikat. Uang ini dipergunakan untuk biaya operasional, kebersihan, keamanan, serta penyewaan kain dan selendang pada wisatawan.

Djabur menambahkan, wacana penetapan donasi minimal sempat dibahas untuk 2019. Namun hal itu masih menunggu petunjuk lebih lanjut. “Kami tunggu Perda dari Gubernur Bali agar ada payung hukum terkait pengelolaan objek wisata,” jelasnya. *nvi

Komentar