nusabali

Bursa Bakal Calon Rektor Undiksha Sepi Pendaftar

  • www.nusabali.com-bursa-bakal-calon-rektor-undiksha-sepi-pendaftar

Enam Peminat Sudah ‘Telpon-telpon’

SINGARAJA, NusaBali
Memasuki hari ke-13 dibukanya pendaftaran bakal calon rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja masih nihil pelamar. Padahal batas waktu yang diberikan oleh panitia untuk pengumpulan berkas persyaratan administrasi tinggal tiga hari lagi, yakni hingga Kamis (29/11) lusa.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor Undiksha, Prof Dr Nyoman Dantes dihubungi Senin (26/11) kemarin mengatakan, hingga H-3 batas akhir pendaftaran panitia belum menerima satu pun berkas bakal calon. Meskipun surat undangan untuk pembukaan pendaftaran bakal calon rketor sudah dikirim kepada 201 perguruan tinggi negeri di Indoneisa.

Namun Dantes mengaku optimis, dapat memenuhi minimal empat nama  bakal calon rektor yang mengacu pada Permenristekdikti Nomor 19 Tahun 2017  dan Permenristekdikti Nomor 21 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Perguruan Tinggi. Selain itu panitia juga mengacu pada Statuta Undiksha Permenristekdikti Nomor 75 Tahun 2017.  

“Kami optimis bisa penuhi minimal empat bakal calon, karena sejauh ini sudah ada yang bertanya-tanya soal persyaratan, apakah boleh ini, boleh itu dan sebagainya,” ungkap dia.

Bahkan Dantes pun memberikan bocoran ada enam bakal calon yang sudah menghubunginya menanyakan pesoalan syarat administrasi yang harus dipenuhi. Meskipun Dantes masih merahasiakan siapa-siapa saja cakal calon yang dimaksudnya. Ia pun enggan berkomentar saat ditanya apakah salah satunya adalah rektor yang masih menjabat saat ini yakni Dr I Nyoman Jampel. “Saya kurang tahu siapa saja, karena semuanya via telepon, yang jelas ada enam orang yang sudah bertanya soal persyaratan,” kilah Dantes.

Yang jelas menurut Dantes, dari enam bakal calon yang sudah menghubunginya via telepon itu lima di antaranya adalah akademisi intern Undiksha dan satu orang lagi adalah akademisi ekstern namun masih dalam lingkup Bali. Dantes yang juga Kaprodi di Fakultas Pascasarjana Undiksha itu menilai jika nihilnya bakal calon yang menyerahkan kelengkapan administrasi disebabkan karena jumlah persyaratan yang harus dilengkapi sangat kompleks.

Sehingga bagi bakal calon yang akan mendaftarkan diri memerlukan waktu cukup panjang untuk memenuhi tuntutan itu. Namun kompleksnya persyaratan yang dituangkan Senat Undiksha menurut Dantes, tak lain untuk menguji keseriusan bakal calon rektor yang akan memimpin kampus terbesar di Buleleng itu.  

Seperti pengisisan formulir pendaftaran, pernyataan beriman dan bertakwa, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, surat bebas narkotika dan sedang tak terlibat kasus hukum, laporan kekayaan dan persyaratan penunjang seperti jenjang karier, prestasi kinerja termasuk pernyataan tak melakukan plagiat dalam sebuah penelitian atau penulisan.

Namun jika dalam kurun waktu pendaftaran yang dibuka dari tanggal 13-29 November mendatang jumlah pendaftar kurang dari empat  bakal calon, maka pendaftaran bakal calon rektor Undiksha akan diperpanjang selama seminggu. Dantes pun mengaku akan bersurat ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mendapatkan petunjuk. Sehingga diharapkan seluruh tahapan pemilihan rektor Undiksha masa jabatan 2019-2023 sudah rampung pada 29 Januari 2019 mendatang.*k23

Komentar