nusabali

Bangli Raih Penghargaan Pendukung Program KUR

  • www.nusabali.com-bangli-raih-penghargaan-pendukung-program-kur

Kabupaten Bangli ditetapkan sebagai pemerintah daerah kabupaten/kota luar Pulau Jawa pendukung program Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2018 terbaik I (pertama).

BANGLI, NusaBali
Perhargaan berupa piala dan piagam diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution didampingi Menteri Koperasi dan UMKM RI AA Gede Ngurah Puspayoga kepada Sekda Bangli IB Gede Giri Putra di Hotel Grand Mercure, Jakarta Kemayoran, Kamis (22/11).

Sekda Giri Putra menyampaikan, keberhasilan Bangli menyabet kabupaten/kota luar Pulau Jawa pendukung program Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2018 terbaik I tidak lepas dari sejumlah inovasi. Di antaranya pendelegasian kewenangan penerbitan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) oleh bupati kepada para camat dan keberhasilan Pemkab Bangli memfasilitasi dan memberikan pendampingan, sehingga program KUR di Bangli yang disalurkan melalui Bank BRI, Bank BPD, dan Bank Mandiri terserap maksimal.

Banyaknya masyarakat Bangli yang menginginkan KUR sehingga tidak semua UMKM kebagian karena kehabisan plafon. Selain maksimalnya penyerapan program KUR di Bangli, dari semua kredit yang terserap tidak ditemukan kasus NPL atau kredit macet. “Ini tidak lepas dari kerja keras tim KUR yang secara rutin melakukan monitoring dan evaluasi serta pembinaan terhadap para debitur. KUR adalah program tanpa jaminan. Biasanya kredit tanpa angunan, kencenderungannya sering macet. Tetapi berkat pendampingan yang dilakukan oleh tim KUR Kabupaten Bangli, baik di Dinas Koperasi UMKM, Bagian Ekonomi, dan OPD terkait lainnya, NPL KUR di Bangli bisa dinolkan. Ini keberhasilan yang sangat luar biasa," jelasnya.

Hingga bulan Oktober 2018, pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bangli tercatat sebanyak 42.934 UMKM. Dari jumlah tersebut, dalam tiga tahun terakhir (2016, 2017, 2018) sebanyak 22.555 pelaku UMKM atau 50% lebih sudah mengakses program KUR dengan total plafon mencapai Rp 520.821.100.000. “Di samping komitmen dan kepatuhan dalam menyajikan data debitur KUR, inovasi dan maksimalnya penyerapan KUR di Bangli, mungkin menjadi salah satu pertimbangan tim menetapkan Bangli sebagai kabupaten/kota luar Pulau Jawa pendukung program KUR 2018 terbaik I," sebutnya.

Sekda IB Giri Putra berharap agar tahun 2019 mendatang, plafon KUR di Kabupaten Bangli bisa ditingkatkan, mengingat program bunga rendah ini sangat bermanfaat bagi pembangunan usaha mikro kecil di Kabupaten Bangli. Melalui program KUR, ia juga mengaku ingin terus mendorong agar wirausaha muda di Bangli bisa terus tumbuh, sehingga beban pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan teratasi. “Kami ingin pemuda di Bangli bukan lagi sebagai pencari kerja, tetapi siap untuk mandiri, bahkan bisa menjadi penyedia lapangan pekerjaan,” imbuh IB Giri Putra. *es

Komentar