nusabali

Bazzar Buku di SDN 12 Karangasem

  • www.nusabali.com-bazzar-buku-di-sdn-12-karangasem

Peringatan Hari Guru dan HUT ke-73 PGRI di Karangasem disemarakkan dengan bazzar buku, bedah buku, dan bazzar makanan di SDN 12 Karangasem di Lingkungan Karangpati, Kelurahan/Kecamatan Karangasem, Minggu (25/11).

AMLAPURA, NusaBali
Ada 20 judul buku yang dipamerkan sekaligus dibedah di hadapan para guru. Sebanyak 20 judul buku itu seluruhnya karangan para guru dari Karangasem. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Kasek SDN 12 Karangasem, I Wayan Putra.

Para guru lebih tertarik menghadiri bazzar buku dan bedah buku tersebut. Apalagi buku-buku yang dipamerkan sesuai dengan profesi guru. Misalnya buku yang ditulis Ida Bagus Nyoman Japa berjudul ‘Guru Profesional’ dan.’Guru Memahami Siswa Menuju Guru Profesional’. Penulis lainnya, Ni Ketut Sari, menampilkan buku ‘Makna Mapinton dalam Upacara Usaba Kaja di Desa Pakraman Bugbug Karangasem’, sementara Ni Komang Suardani dengan buku ‘Upacara Pacolongan’.

Bedah buku menghadirkan narasumber Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikpora Karangasem, I Wayan Sarya, Ni Wayan Parwati, dan Ni Luh Sriasih. Ketiga narasumber menekankan pentingnya budaya literasi dan penguatan pendidikan karakter. “Bedah buku salah satu budaya literasi yang bertujuan meningkatkan minat baca,” jelas Ni Wayan Parwati yang juga Kasek SMPN 2 Manggis. Setelah bedah buku dilakukan, maka buku yang dipajang di bazzar buku langsung diserbu guru-guru yang hadir di acara itu.

Bazzar makanan yang disajikan panitia juga laris dikunjungi terutama kalangan siswa. “Makanya kami menggelar bazzar buku dan bazzar makanan. Mengundang siswa SDN 12 Karangasem dan guru se-Kecamatan Karangasem,” kata Wayan Putra. Dalam acara itu sejumlah siswa SDN 12 Karangasem diberikan kesempatan berkreasi, menyanyi, membaca puisi, dan dansa. *k16

Komentar