nusabali

RSJ Gelar Lomba Menyalin Aksara Bali

  • www.nusabali.com-rsj-gelar-lomba-menyalin-aksara-bali

Materi lomba menyalin nama-nama ruangan di RSJ ke aksara Bali.

BANGLI, NusaBali
Puluhan perawat dan staf RSJ Provinsi Bali di Bangli mengikuti lomba menyalin aksara Bali, Jumat (23/11). Lomba ini untuk mensosialisasikan Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Ketua Panitia Lomba, I Nyoman Muliawan, mengatakan lomba ini merupakan bagian dari kegiatan building nurse innovation 2018 yang dirancang internal perawat. Agenda digelar setiap tahun dan ini merupakan tahun ketiga. “Kegiatan ini bertujuan untuk menggali inovasi perawat dan mengembangkan kreativitasnya,” jelas Muliawan. Kegiatan digelar selama 3 hari dimeriahkan dengan lomba bernuansa budaya, bernuansa ilmiah, dan hiburan.

Lomba bernuansa budaya meliputi menyalin huruf latin ke aksara Bali, pidato bahasa Bali, berbusana adat Bali, menyanyi lagu Bali, dan membuat tamiang. “Menyalin aksara Bali dengan materi menyalin nama-nama ruangan di RSJ. Penilaian meliputi kebenaran tulisan, kerapian, keindahan, dan waktu,” terangnya. Juri masih melibatkan internal RSJ. Dikatakan, sejumlah staf di RSJ Bali memiliki kemampuan dalam aksara Bali. Peserta lomba perwakilan dari masing-masing bagian.

Kegiatan ini sudah berlangsung selama dua hari. Pada Sabtu (24/11) hari ini acara penyerahan hadiah bagi para pemenang dan pisah kenang staf yang purna tugas. Muliawan berharap dengan lomba bernuasa budaya ini, staf di RSJ bisa peran dalam melestarikan budaya Bali. “Tidak semua dari Bali, rekan-rekan dari luar bisa menambah wawasan melalui kegiatan ini,” ungkapnya. *es

Komentar