nusabali

Pujawali di Kiduling Besakih

  • www.nusabali.com-pujawali-di-kiduling-besakih

Dua sulinggih muput pujawali di Pura Kiduling Kreteg Besakih, Banjar Kiduling Kreteg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, pada Purnama Kaenem Wraspati Umanis Gumbreg, Kamis (22/11).

AMLAPURA, NusaBali
Dua pedanda yang muput yakni Ida Pedanda Gede Jelantik Dwaja dari Gria Jelantik Dauh Pasar Banjar Triwangsa, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, dan Ida Pedanda Gede Pasuruan dari Gria Kawan Banjar Brahmana, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem.

Pujawali dengan istilah lain aci panyeeb Brahma bertujuan memohon anugerah Ida Bhatara Brahma agar semesta ini sejuk. Sebab, selama ini telah dilanda musim panas. Harapannya, setelah semesta berhawa sejuk, maka tanaman bisa tumbuh subur untuk kebutuhan pangan, sehingga anugerah itu bisa dimohon kembali untuk kesejahteraan umat sedharma.

Prosesi diawali para pamangku menggelar upacara pembersihan keliling areal pura, selanjutnya prosesi upacara pacaruan, mapepada dan diakhiri muspa bersama. “Seperti biasa, jelang mengakhiri musim panas, menggelar pujawali panyeeb Brahma, bertujuan mohon kesejukan dari Ida Bhatara Brahma agar bumi tidak lagi dilanda panas,” jelas Pedanda Gede Pasuruan. Dari Pemkab Karangasem yang hadir yakni Staf Ahli Bupati Priagung Duarsa  dan segenap pimpinan OPD. *k16

Komentar