nusabali

Tingkat Konsumsi Ikan di Tabanan Rendah Dibanding Bali dan Nasional

  • www.nusabali.com-tingkat-konsumsi-ikan-di-tabanan-rendah-dibanding-bali-dan-nasional

Pemkab Tabanan berkomitmen meningkatkan mutu dan jumlah produksi ikan serta meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

TABANAN, NusaBali
Salah satu tindakan adalah dengan menggelar sosialisasi dan kampanye gemar makan ikan bagi anak TK/PAUD, SD, dan ibu menyusui yang digelar di Kantor Desa Gubug, Kecamatan/Kabupaten Tabanan, Rabu (21/11). Hal ini dikarenakan tingkat konsumsi makan ikan di Tabanan masih rendah dibandingkan target tingkat konsumsi Bali dan nasional.

Hadir di acara tersebut Kepala Dinas Perikanan Tabanan Made Subagia, Kepala Dinas Sosial I Nyoman Gede Gunawan, dan Ketua P2MKP Karya Lestari Ni Made Putriningsih Wirna.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastutri dalam sambutan yang dibacakan oleh Made Subagia, mengatakan berdasar data statistik perikanan dan kelautan, konsumsi ikan di Kabupaten Tabanan adalah sebesar 29,9 kg/kapita/tahun. Jumlah ini lebih rendah dibanding tingkat konsumsi nasional sebesar 38 kg/kapita/tahun dan Provinsi Bali 32,31/kg/kapita/tahun.

“Langkah yang ditempuh untuk meningkatkan produksi ikan di Kabupaten Tabanan adalah pemberdayaan pelaku utama perikanan baik di sektor hulu maupun hilir. Sehingga mampu memproduksi ikan dan membuat aneka olahan ikan yang bergizi tinggi, harga terjangkau, dan digemari masyarakat,” ungkapnya.

Panitia acara I Nyoman Suidnyana, mengatakan tujuan gerakan makan ikan ini antara lain meningkatkan tingkat gizi masyarakat dan untuk menumbuhkan kesadaran tentang manfaat penting mengkonsumsi ikan. Kegiatan ini sasarannya antara lain anak-anak sekolah dasar di Desa Gubug, Kecamatan Tabanan yang berjumlah 271 orang. *de

Komentar