nusabali

Peringatan Hari Ikan Dirangkai Gemarikan

  • www.nusabali.com-peringatan-hari-ikan-dirangkai-gemarikan

Pemkab Klungkung memperingati Hari Ikan Nasional ke-V 2018, di Balai Banjar, Dusun Tulang Nyuh, Desa Tegak, Klungkung, Rabu (21/11) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali
Kegiatan ini dipadukan dengan pelaksanaan Inovasi Pemkab Klungkung yakni gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan). Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta mengatakan, dalam memperingati Hari Ikan Nasional ke-V, 21 Nopember 2018, dipadukan dengan pelaksanaan Inovasi yang dimiliki Pemkab Klungkung yakni Gemarikan. Diharapkan, kegiatan ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan masyarakat Klungkung tentang manfaat mengkonsumsi ikan serta pelaksanaan pelatihan tentang cara mengolah ikan yang baik dan bermutu.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Klungkung, terutama ibu-ibu yang tergabung dalam wadah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kelompok Wanita Tani (KWT), dan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar),” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilakukan Tim Forikan dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung. Di antaranya, pelatihan olahan hasil perikanan dengan sasaran ibu-ibu yang tergabung dalam PKK dan KWT Desa Tegak pada Rabu (21/11). Senam Gemari dan menyanyikan Lagu Aku Suka Makan Ikan dipandu siswa SD di Desa Tegak dan Desa Selat. Kegiatan diisi hiburan Bondres yang membawakan sosialisasi Gemarikan dan manfaat ikan bagi masyarakat.

Acara itu diikuti sekitar 500 orang dari unsur PKK, siswa SD di Desa Selat dan Desa Tegak, Desa Selisihan, dan pihak terkait lainnya. Anggaran acara ini bersumber dari APBD Klungkung pada kegiatan Optimalisasi Pengolahan dan Pemasaran Produksi Perikanan Tahun 2018.

Dalam kesempatan itu hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten I Wayan Durma.

Bupati Suwirta mengharapkan agar jangan pada Hari Ikan Nasional saja masyarakat baru memakan ikan. Tetapi terpenting bagaimana masyarakat bisa memakan ikan setiap saat. Karena kandungan dalam ikan sangat berguna bagi tubuh. Bupati Suwirta menugaskan kepada guru-guru SD untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya makan ikan. *wan

Komentar