nusabali

Sehari Dua Rumah Hangus Terbakar

  • www.nusabali.com-sehari-dua-rumah-hangus-terbakar

Bencana kebakaran Rabu (21/11) menghanguskan dua buah rumah di lokasi yang berbeda.

SINGARAJA, NusaBali
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Dua keluarga yang menjadi korban musibah hanya mengalami kerugian material hingga ratusan juta rupiah.

Peristiwa kebakaran pertama dilaporkan terjadi di Banjar Konci, Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar Buleleng. Api dengan cepat melalap rumah milik I Wayan Suyama, 61 sekitar pukul 09.00 WITA. Diduga penyebab kebakaran yang melalap hangus rumah korban terjadi karena abu sisa tungku dapur dibuang sembarangan.

Api sekam itu tanpa disadari Suyama dan istrinya melalap bagian rumah yang mudah terbakar dan akhirnya merembet hingga menghabisi huniannya hingga rata dengan tanah. Api baru dapat dipadamkan setelah Dinas Kebakaran menerjunkan dua unit mobil pemadam dari Pos Singaraja dan Pos Seririt, selama satu jam penanganan.

Setelah itu hanya berselang empat jam, pada pukul 13.10 WITA,  laporan kebakaran kembali terjadi. Kali ini api melalap habis rumah milik Wayan Tandur, 76, warga Banjar Dinas Jembong, Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Hingga kini Tandur belum mengetahui penyebab pasti musibah yang menimpanya karena saat kejadian rumah dalam kondisi kosong. Korban selain mengalami kerugian karena bangunan rumah 12 x 20 meter rusak pada bagian atap, surat berharga seperti sertifikat tanah perhiasan emas dan uang tunai puluhan juta juga habis terbakar tak berbekas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Gede Sugiartha Widiada, mengatakan sebenarnya peristiwa kebakaran terjadi di empat lokasi. Selain menghanguskan dua rumah, satu lahan kosong di perumahan LC Desa Baktiseraga juga terbakar pada pukul 11.00 WITA. Peristiwa kebakaran juga hampir melalap rumah dinas pegawai pajak di Kelurahan Kaliuntu, Kecmaatan/Kabupaten Buleleng pada pukul 17.00 WITA, karena pembakaran sampah yang bersebelahan dengan lokasi kejadian.

“Laporan masuk ada 4 lokasi dari pagi hingga tadi. Kami kerahkan seluruh armada terdekat dan ada juga yang diback up dari pos Singaraja, sementara hanya kerugian materi, korban jiw adna luka-luka nihil,” ungkap Sugiartha. *k23

Komentar