nusabali

Diikuti 46 Radio dan 16 TV

  • www.nusabali.com-diikuti-46-radio-dan-16-tv

Kemarin, Dewan Juri telah mengumumkan tiga nominator dari masing-masing kategori. Untuk pemenang yang akan diumumkan Jumat malam besok, bakal ada kejutan.

KPID Awards 2018

DENPASAR, NusaBali
KPID Awards kembali digelar. Tahun ini dari 70 lembaga penyiaran radio di Bali, yang berpartisipasi dalam ajang ini sebanyak 46 radio, sedangkan dari 22 televisi yang ada, yang ikut serta sebanyak 16 televisi (TV). Malam Penganugerahan KPID Awards 2018 bakal digelar Jumat (23/11) di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali.

Ketua Panitia yang juga Wakil Ketua KPID Bali, I Gusti Ngurah Murthana mengatakan, dalam KPID Bali Award 2018 yang mengusung tema: “Mencerdaskan Masyarakat Bali Melalui Penyiaran’ ini, ada 4 kategori untuk radio, yakni Program Acara Berita, Program Iklan Layanan Masyarakat, Penyiar Radio Terbaik dan Radio Swasta Terbaik. Sementara untuk televisi ada 7 kategori, masing-masing; Program Acara Berita, Acara Talkshow, Acara Anak dan Remaja, Acara Hiburan Seni Budaya, Program Features dan Dokumenter tentang Bali, Iklan Layanan Masyarakat, dan Presenter/Pembawa Berita Terbaik.  “Selain itu ada juga penghargaan khusus berupa Lifetime Achievement Award atau penghargaan seumur hidup,” ujarnya saat jumpa pers di Kantor KPID Bali, Jalan Tjok Agung Tresna, Denpasar, Rabu (21/11).

Pria yang akrab disapa Rahman ini menyebut, ada 7 orang juri dari berbagai latar belakang menilai karya berkonten lokal yang disetorkan oleh lembaga penyiaran. Yakni, Prof Dr Drs I GN Ngurah Sudiana (Ketua PHDI Provinsi Bali), Dr I Komang Arba Wirawan SSn (Dosen Jurusan Film dan Televisi FSRD ISI Denpasar), Dr Luh Riniti Rahayu MSi (Pemerhati Sosial, Dosen Universitas Ngurah Rai, Ketua Bali Sruti), Ir Ketut Witarka Yudiata MT (Dosen Universitas Ngurah Rai), Drs IGMB Dwikora Putra (Ketua PWI Bali), I Made Nurbawa SE (Pemerhati Penyiaran) dan IGN Murthana ST (Wakil KPID Bali).

Ketua Dewan Juri, Luh Riniti Rahayu menjelaskan, 7 juri dari berbagai latar yang terlibat dalam penilaian KPID Awards 2018 ini adalah mewakili publik. “Kami secara rinci memeriksa menilai karya-karya itu. Tentu cara pandang masing-masing juri ini tidak sama. Saya misalnya menilai dari aspek sosial, demikian juga Pak Arba dari seni dan estetikanya, Pak Dwikora dari aspek jurnalistiknya dan juri yang lainnya,” kata Luh Riniti. “Ada sejumlah kriteria penilaian untuk menentukan pemenang, diantaranya, karya tersebut merupakan original, dapat memberikan inspirasi dan mencerdaskan masyarakat,” imbuhnya.

Kemarin, Dewan Juri sudah mengumumkan tiga nominator dari masing-masing kategori. (selengkapnya lihat tabel) “Untuk pemenangnya kami umumkan pas acaranya. Tentu akan ada kejutan. Termasuk juga siapa yang mendapatkan penghargaan khusus Lifetime Achievement Awards,” timpal Dwikora.

 Yang menarik, penganugerahan KPID Bali Awards 2018 di Gedung Ksirarnawa, Jumat malam besok dikemas dengan apik. Panitia akan menampilkan penyanyi yang mempunyai prestasi secara nasional yang dipopulerkan oleh lembaga penyiaran. Mereka diantaranya, Agung Wiradana (Golden Memories Volume 2), Assia Keva Hamzah (The Voice Kids Indonesia 2018), Mahania (Liga Dangdut Indonesia), Gede Bagus (X Factor Indonesia). “Selain itu, nanti ada juga penampilan penyanyi Tika Pagraky serta Ibu Putri Suastini Koster yang bakal membacakan puisi. Juga ada pameran dari masing-masing lembaga penyiaran sejak pagi hari,” kata Ketua KPID Bali I Made Sunarsa. *isu

Komentar