nusabali

Polisi Amankan Puluhan Motor Curian, Hendak Diselundupkan ke Sumba, Seorang Pelaku Dijuk

  • www.nusabali.com-polisi-amankan-puluhan-motor-curian-hendak-diselundupkan-ke-sumba-seorang-pelaku-dijuk

Puluhan motor curian itu merupakan hasil kejahatan pelaku Markus bersama tiga rekannya yang kini jadi buronan polisi.

DENPASAR, NusaBali
Unit Reskrim Polsek Denpasar Selatan, Senin (21/9) berhasil menggagalkan aksi kawanan pencuri sepeda motor lintas provinsi yang hendak mengangkut puluhan motor diduga hasil curian di Jalan Mertasari, Gang Bedulu II No 1 Sidakarya, Denpasar Selatan (Densel). Sebanyak 21 kendaraan roda dua berbagai merk itu rencananya akan dikirim ke Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). 
Beruntung, petugas yang mendapat informasi masyarakat terkait aksi kawanan ini langsung melakukan penggerebekan di TKP. Alhasil, seorang pelaku, yakni Markus Holu alias Markus,28, warga yang tinggal di Jalan Mekar Jaya II Blok C IV A no 17 Pemogan, Densel berhasil diamankan. Sementara 3 rekannya, yakni Domi, Soleh dan Viktor Vidi Dena alias Ruben masih DPO dan dalam pengejaran aparat.

Kapolsek Denpasar Selatan, Kompol Nanang Prihasmoko menuturkan jika awal mula terendusnya komplotan spesialis curanmor lintas provinsi ini berawal dari informasi masyarakat yang menaruh curiga dengan sebuah truk yang hendak mengangkut 21 motor tersebut di Jalan Mertasari Gang Bedulu II no 1 Sidakarya, Densel. Menanggapi laporan itu, anggota Unit Reskrim Polsek Denpasar Selatan langsung melakukan penggerebekan di TKP. 

Sopir truk, Oktavianus Kaha alias Okta,33, lalu diamankan petugas Mapolsek Densel untuk dimintai keterangan. Dari keterangan sopir inilah, anggota berhasil mengendus seorang pelaku yang diketahui bernama Markus Holu alias Markus,28. Warga yang tinggal di Jalan Mekar Jaya II Blok C IV A no 17 Pemogan, Densel ini diringkus aparat di seputaran tempat tinggalnya. "Sopir ini mendapatkan motor-motor tersebut dari pelaku yang berhasil kita amankan. Ia hanya bertindak sebagai pengangkut karena disewa oleh para pelaku," kata Kompol Nanang.

Ternyata, puluhan motor itu merupakan hasil kejahatan pelaku Markus bersama tiga rekannya yang kini masuk daftar pencarian orang (DPO) alias buron. Mereka melancarkan aksinya di wilayah Denpasar dan Badung. Hasil pemeriksaan terhadap pelaku yang berhasil diamankan terungkap jika dia mendapatkan titipan 10 sepeda motor yang akan dikirimkan ke Sumba Barat dari seseorang bernama Viktor Vidi Dena alias Ruben. 

Namun saat digerebek, Ruben yang tinggal di Jalan Tukad Irawadi gang 25 no 12 X ini berhasil meloloskan diri. "Motor-motor ini ternyata hasil curian komplotan tersebut. Tapi, pas digerebek mereka berhasil kabur," cetusnya. Selain Ruben, pelaku lainnya yang masih DPO, yakni Soleh. Soleh merupakan pelaku pencurian kendaraan bermotor di Jalan Tukad Badung dengan Laporan Polisi no.pol LP.B/1156/IX/2015/Bali/Resta Dps.

"Mereka berkelompok. Mereka memiliki wilayah masing-masing untuk melancarkan aksinya," ujarnya lagi. Pelaku ketiga adalah Domi, dari keterangan sang sopir dan juga pelaku yang berhasil diamankan, Domi menitipkan sepeda motor langsung kepadanya sejumlah 9 unit dengan rincian 2 sepeda motor hanya ada STNK, 7 tanpa STNK . "Jadi totalnya titipan itu ada sekitar 21 buah motor yang hendak dibawa ke Sumba," terangnya. Saat ini, anggotanya masih melakukan pengembangan terkait TKP lain. Sementara, tim buru sergap melakukan pengejaran terhadap 3 pelaku yang kini masuk DPO

Komentar