nusabali

Sampan Hias Meriahkan Festival Teluk Gilimanuk 2018

  • www.nusabali.com-sampan-hias-meriahkan-festival-teluk-gilimanuk-2018

Sebagai salah satu agenda daya tarik wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembrana kembali menggelar Festival Teluk Gilimanuk (FTG) 2018 di Teluk Gilimanuk, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, yang digelar selama tiga hari, Jumat (16/11) hingga Minggu (18/11).

NEGARA, NusaBali
Dalam FTG tahun ini, diisi berbagai acara menarik. Salah satunya lomba sampan hias, Sabtu (17/11). Sebanyak 17 peserta dalam lomba tersebut menampilkan sejumlah kreasi hiasan pada sampan mereka yang juga diparadekan mengelilingi areal Teluk Gilimanuk.

Selain lomba sampan hias, pada hari kedua FTG 2018, Sabtu kemarin, juga dimeriahkan lomba balap sampan dayung yang diikuti 15 peserta. Sebelumnya juga dilakukan kegiatan bersih-bersih di areal sekitar dengan melibatkan ratusan siswa dan masyarakat setempat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Jembrana I Made Sudiada, Asisten III Sekda Jembrana yang juga Plt Asisten I Sekda Jembrana I Nengah Ledang, Kepala Dinas Parbud Jembrana I Nengah Alit, bersama unsur Forkopimda Jembrana.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, I Nengah Alit mengatakan dalam lomba sampan hias kali ini dipilih tema 'Wisata Budaya Nusantara'. Ada 5 kriteria penilaian lomba, yakni keamanan, bahan hiasan yang diutamakan menggunakan bahan-bahan daur ulang atau organik, keharmonisan, eskpresi pengemudi dan pendukungnya, serta kreatifitas.

Peserta dalam lomba sampan hias maupun lomba balap sampan dayung pada hari kedua FTG, Sabtu kemarin, juga tidak lain merupakan anggota kelompok nelayan setempat, yang kerap melayani wisatawan berkeliling di Teluk Gilimanuk. "Melalui lomba sampan hias ini, ya kami harapkan para kelompok nelayan di sini dapat berinovasi untuk lebih menarik kujungan wisata Teluk Gilimanuk yang juga dikenal sebagai Secret Bay ini," harapnya.

Sebelumnya, dalam acara pembukaan FTG 2018, Jumat (16/11), juga digelar berbagai pementasan kesenian dan hiburan khas Gumi Makepung. Dalam pembukaan tersebut, juga dilakukan launching lagu 'Mars Pulau Kalong' lagu yang telah dibuat tahun 1992 yang kini dinyanyikan ulang sebagai salah satu bentuk promosi terhadap keberadaan secret bay Teluk Gilimanuk. *ode

Komentar