nusabali

Ribuan Bonek Datang, Polres Gianyar Siagakan 120 Personel

  • www.nusabali.com-ribuan-bonek-datang-polres-gianyar-siagakan-120-personel

Untuk mengamankan laga pada Minggu (18/11) malam ini, disiagakan 1.095 personel polisi. Selain polisi dari Polres Gianyar juga dibantu Polres Klungkung, Polres Bangli, Polres Karangasem, dari Polda Bali, serta TNI.

Jelang Laga Bali United vs Persebaya di Stadion Kapten Wayan Dipta Gianyar

GIANYAR, NusaBali
Laga Liga I antara Bali United vs Persebaya Surabaya akan berlangsung di Stadion Kapten Wayan Dipta Gianyar, Minggu (18/11) malam. Dua klub besar ini masing-masing memiliki suporter fanatik. Suporter Persebaya yang berjuluk Bonek pun mulai menyerbu Bumi Seni Gianyar. Bahkan ratusan suporter Persebaya sampai rela menginap di GOR Kebo Iwa Gianyar —yang jaraknya sekitar 500–an meter dari Stadion Kapten Wayan Dipta— sejak Sabtu (17/11).

Mengantisipasi kemungkinan muncul gesekan dari pendukung dua klub besar ini, termasuk gesekan internal suporter, Polres Gianyar siagakan ratusan personel. Sedangkan untuk mengamankan jalannya pertandingan pada Minggu (18/11) malam ini, polisi yang disiagakan sebanyak 1.095 orang.

Kapolres Gianyar AKBP Priyanto Priyo Hutomo mengatakan untuk pengamanan penukaran tiket saja, pihaknya mengerahkan 120 personel. Polres Gianyar juga menggelar apel kesiapan pengamanan penukaran tiket online yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Dewa Gede Mahaputra, Sabtu kemarin sekitar pukul 11.30 Wita.

Sebab kondisi di lapangan, penukaran tiket online sejak pagi hingga sore dipenuhi Bonek Mania. Seperti tampak pada di lokasi penukaran tiket di gate 8. Di sini antrean para suporter cukup padat sampai mengular. “Hari ini (kemarin) 120 personel jaga di stadion untuk memantau penukaran tiket online,” ungkap AKBP Priyanto.

Selain berjaga di stadion, polisi juga melakukan patroli dialogis. Terutama menyasar kawasan GOR Kebo Iwa Gianyar yang dijadikan tempat menginap sebagian suporter Persebaya. “Di GOR ada Bonek tidur sekitar 250-an orang. Kami lakukan patroli dialogis,” ujarnya.

Dengan mengerahkan personel Dalmas Sat Sabhara dan Polsek Kota Gianyar, polisi memberikan imbauan kepada para Bonek agar menjaga kebersihan lingkungan dan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah hukum Polres Gianyar.

Sementara untuk mengamankan jalannya pertandingan pada Minggu (18/11) malam ini, polisi yang disiagakan sebanyak 1.095 orang. Menurut AKBP Priyanto, selain polisi dari Polres Gianyar juga dibantu Polres Klungkung, Polres Bangli, Polres Karangasem, dan dari Polda Bali. Selain polisi, juga dibantu personel TNI.

Disinggung soal Bonek yang tidur di GOR Kebo Iwa, AKBP Priyanto mengatakan mereka sudah dapat izin dari KONI Gianyar. Berdasarkan pendataan pada Jumat (18/11) malam, mereka yang menginap di GOR Kebo Iwa sebanyak 250 orang. Dan diperkirakan pada Sabtu (17/11) malam jumlahnya bertambah.

Ketua KONI Gianyar Pande Purwata belum bisa dikonfirmasi perihal izin tersebut. Ponselnya tidak aktif, pesan melalui WhatsApp juga tidak dibalas.

Sementara Koordinator Bonek Bali, Joko, sangat berharap pertandingan Bali United vs Persebaya pada pekan ke-31 laga Liga I, Minggu (18/11) malam di Stadion Kapten Wayan Dipta Gianyar berjalan kondusif. Semua pihak diharapkan menjaga ketenteraman agar pertandingan berjalan dengan lancar. Sebab, pertemuan tim berjuluk skuat Serdadu Tridatu vs Bajul Ijo mendapat perhatian yang cukup tinggi dari kedua suporter. Bahkan suporter dari tim tamu yang dikenal memiliki fanatisme tinggi, datang dalam jumlah ribuan.

“Mudah-mudahan pertandingan nanti berjalan kondusif,” kata Joko saat dikonfirmasi Sabtu (17/11) malam.  Dari rangkaian rapat koordinasi dengan pihak keamanan, pertandingan ini rencananya akan disaksikan Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra. Karena mendapat perhatian tinggi khususnya dari suporter tim tamu, menurut Joko, keamanan memang lebih diperketat. Sebab, sampai Sabtu sekitar pukul 19.00 Wita suporter Bonek yang membeli tiket secara online masih menumpuk untuk menukarkan tiketnya.

“Saya imbau jadi tamu yang baik. Apalagi kita datang dari luar kota. Mohon selalu tertib dan hormati setiap peraturan yang berlaku,” harap Joko.

Imbauan itu juga sudah disampaikan melalui media sosial. Bonek diminta selalu menjadi tamu yang baik. “Kami ingatkan, waspadai provokator. Itu sangat kami tekankan,” tandas Joko. *nvi, dek

Komentar