nusabali

Bangli Terima Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-bangli-terima-panji-dan-surat-sakti-i-gusti-ngurah-rai

Upacara serah terima panji-panji dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Klungkung ke Kabupaten Bangli dilaksanakan di lapangan Kapten Mudita Bangli, Kamis (15/11).

BANGLI, NusaBali
Upacara penyerahan panji dan surat sakti pahlawan nasional ini dipimpin oleh Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, selaku Inspektur upacara. Turut Hadir Sekda Kabupaten Klungkung, pimpinan OPD, perwakilan TNI, Polri, ASN, dan sekolah di lingkungan Pemkab Bangli.

Ketua Pemuda Pancamarga Bangli, IB Putra, menyampaikan panji-panji dan surat sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai secara estafet telah diserahkan kepada Kabupaten Jembrana yang berikutnya diserahkan kepada Kabupaten Karangasem dilanjutkan ke Kabupaten Klungkung. Seusai upacara serah terima panji-panji dan surat sakti itu akan dilepas oleh Wakil Bupati Sang Nyoman Sedana Arta untuk jalan diarak menuju Gunaksa, disana panji-panji naik mobil lanjut menuju Desa Landih, Bangli.

Sesampainya di Desa Landih akan dilaksanakan prosesi upacara penghormatan dan sembahyang. Selanjutnya menuju Desa Suter, Kintamani untuk melakukan penghormatan di Monumen Suter, lanjut menuju Penelokan. Perjalanan dilanjutkan ke wilayah Susut melakukan penghormatan dan terakhir bersemayam di Penglipuran. “Itulah perjalanan panji-panji dan surat sakti untuk Kabupaten Bangli,” ungkapnya.

Penyerahan Pataka dan panji-panji dilakukan pada Jumat (16/11) ke Kabupaten Gianyar. Ditambahkan juga rangkaian dari kegiatan napak tilas ini adalah pelantikan pengurus PPM masabakti 2018-2023. Digelar pula kegiatan cerdas cermat kepahlawanan dan saresehan. Sedangkan malam hari dilaksanakan hiburan untuk menjaga Pataka tersebut di Penglipuran.

Wakil Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menyampaikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai jasa para pahlawannya. Begitu juga dengan Bali selaku generasi penerus pemuda pulau Dewata ini, punya seorang tokoh dan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai. Wabup Sedana Arta mengharapkan semangat juang I Gusti Ngurh Rai harus ditularkan kepada generasi muda, lahir pula pahlawan-pahlawan pada jamannya. *es

Komentar