nusabali

Garuda Sediakan Internet Gratis di Pesawat

  • www.nusabali.com-garuda-sediakan-internet-gratis-di-pesawat

Garuda Indonesia Group akan menyediakan layanan internet gratis di dalam pesawat untuk seluruh penerbangan mulai 2019.

JAKARTA, NusaBali
"Nantinya pengguna jasa Garuda Indonesia dan Citilink dapat menikmati layanan akses internet secara cuma-Cuma  di seluruh penerbangan Citilink dan seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia," ujar Direktur Layanan Garuda Indonesia, Nicodemus Panarung Lampe, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (14/11).

Dia menjelaskan layanan internet gratis tersebut merupakan kerja sama Garuda Indonesia dengan Mahata Aero Tekhnologi (Mahata). Untuk menyediakan fasilitas internet gratis di dalam pesawat , Garuda Indonesia Group akan melengkapi armada pesawatnya dengan layanan GX Aviation Sistem yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation, yang memungkinkan penumpang untuk menjelajah internet dan berlayar dimedia sosial selama penerbangan.

GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi pertama dan satu-satunya di dunia yang dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).  Layanan konektivititas ini sepenuhnya dimiliki dan dioperasikan oleh Inmarsat bekerjasama dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, teknik, desain, dan sertifikasi untuk proyek tersebut, sementara Lufthansa System sebagai integrasi perangkat lunak.

"Layanan ini sejalan dengan komitmen dari Garuda Indonesia Group sebagai maskapai nasional yang terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan penumpang khususnya di era digital," kata dia.

Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo, menambahkan bahwa persaingan ketat dalam industri penerbangan saat ini kian menuntut kami untuk memiliki visi teknologi dan mengoptimalkan layanan yang modern dan mampu mempertahankan loyalitas pelanggan masa kini. "Tidak hanya untuk memperkuat pasar yang sudah ada, tapi keberadaan In-flight Wifi gratis ini juga ditujukan untuk mengaktivasi pangsa pasar baru yang saat ini belum tersentuh, misalnya seperti para millenials yang sering berpergian," Juliandra .

Direktur Utama Mahata,M Fitriansyah, mengatakan kehadiran internet di dalam pesawat akan menjadi awal baru untuk revolusi pengalaman penerbangan ke depannya. "Internet merupakan hal vital untuk membuat setiap orang dapat bertukar informasi setiap waktu. Namun, saat ini internet belum dapat dinikmati oleh banyak orang saat penerbangan. Ini adalah sebuah langkah besar yang dilakukan oleh kami bersama dengan Citilink dan Garuda," kata Fitriansyah.

Pada 2013, Garuda Indonesia bekerja sama dengan beberapa penyedia layanan, telah menyediakan layanan wifi pada seluruh armada B777-300ER dan beberapa jajaran armada Airbus A330 Garuda Indonesia yang digunakan untuk melayani rute-rute penerbangan internasional. *ant

Komentar