nusabali

Akreditasi 8 Standar Pendidikan Sasar 20 TK

  • www.nusabali.com-akreditasi-8-standar-pendidikan-sasar-20-tk

Sebanyak 20 sekolah TK (Taman Kanak-Kanak) se-Karangasem diakreditasi menyangkut 8 standar pendidikan.

AMLAPURA, NusaBali
Secara umum, tidak ada kendala, hanya perlu mengoptimalkan di setiap standar pendidikan. Banyak TK yang harusnya telah menjalani akreditasi namun terkendala minimnya kuota, maka tidak rutin menjalani akreditasi tiap 5 tahun.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF (Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Ketut Sudana, mengatakan akreditasi dilakukan asesor dari BAN (Badan Akreditasi Nasional) PAUD tingkat Provinsi Bali. “Ada dua asesor yang melakukan akreditasi yakni Made Diksa dan Nur Janah,” ungkap ketut Sudana, Rabu (14/11). Mereka keliling melakukan akreditasi di 20 TK di Karangasem, mengecek pencapaian delapan standar yakni standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan pendidikan, dan standar penilaian pendidikan.

Fungsi dan tujuan standar nasional pendidikan salah satunya sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu. “Standar kompetensi kelulusan misalnya, sebagai dasar atau pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik,” jelas Ketut Sudana. Saat akreditasi dilakukan BAN PAUD Provinsi Bali di TK Graha Widya Kumara, Banjar Eka Adnyana, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu, berdasarkan penilaian asesor delapan standar telah berjalan bagus. “Delapan standar berjalan secara merata, hanya perlu ditingkatkan kualitasnya,” kata asesor Made Diksa.

Kasek TK Graha Widya Kumara, Ni Made Sudiartini, mengatakan TK yang berdiri pada tanggal 20 Juli 199 dengan 47 anak didik terbagi dua kelas, kelas A sebanyak 15 siswa dan kelas B 32 siswa. TK itu memberdayakan empat tenaga guru yakni Kasek Ni Made Sudiartini, Ni Nyoman Sukarini, Ni Ketut Murni, dan Ni Komang Sudani, dibantu satu tenaga administrasi Ni Luh Asri. Pada tahun 2007 hasil akreditasi nilai B. Sesuai ketentuan mestinya menjalani akreditasi tahun 2012 atau setiap 5 tahun sekali. Begitu juga di wilayah Kecamatan Karangasem, menurut KUPT Disdikpora Kecamatan Karangasem, I Nyoman Merta, agenda akreditasi di dua TK yakni TK Bayangkara Amlapura dan TK Aisyah Amlapura. *k16

Komentar