nusabali

Inovatif, Disdik Klungkung Luncurkan Lapender

  • www.nusabali.com-inovatif-disdik-klungkung-luncurkan-lapender

Penguatan Karakter Siswa melalui Atraksi Wisata

SEMARAPURA, NusaBali
Sekda Kabupaten Klungkung, Gede Putu Winastra secara resmi meluncurkan Laboratorium Pendidikan Karakter (Lapender) di depan Monumen Puputan Klungkung, Rabu (14/11). Laboratorium Pendidikan Karakter ini salah satu program inovasi Pemkab Klungkung lewat Dinas Pendidikan (Disdik) dalam kegiatan pembelajaran untuk menumbuhkan penguatan karakter pada peserta didik melalui atraksi wisata pendidikan.

Program inovasi Lapender yang digagas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung, Dewa Gde Darmawan saat mengikuti Diklat Pim II bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter secara optimal serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan untuk mempermudah internalisasi karakter dalam diri siswa.

Kadisdik Klungkung, Dewa Gde Darmawan menjelaskan program ini dirancang untuk menunjang pembentukan pendidikan yang berkarakter dengan bertumpu pada kearifan lokal yang tidak hanya menciptakan suasana menyenangkan, tetapi juga berkontribusi pada sektor pariwisata dengan mengutamakan atraksi wisata.

Program ini berupa atraksi wisata pendidikan seperti tari-tarian, dolanan, melukis wayang kamasan, gender, rindik, nyurat aksara bali, paduan seruling, dan mekidung.

“Inovasi ini untuk memperkuat pendidikan karakter melalui praktek nyata. Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu sebagai sebuah paket wisata untuk meningkatkan daya tarik wisata di Kabupaten Klungkung,” ujar Darmawan.

Peluncuran program inovasi ini diikuti oleh 12 SMP yang ada di Klungkung daratan dengan melibatkan 120 siswa dan 24 orang tua siswa/komite sekolah. Sekda Gede Putu Winastra pun menyambut baik inovasi ini. Menurutnya program ini sebagai kebijakan terpadu di dalam penguatan pendidikan karakter untuk terciptanya atraksi wisata pendidikan.

Sekda Winastra juga mengatakan, di tengah-tengah perkembangan globalisasi berbasis IT yang begitu pesat, pendidikan karakter itu penting diberikan kepada peserta didik.

Selain untuk mengontrol dari perilaku-perilaku yang menyimpang atau bersifat negatif, program ini juga bisa mempertahankan dan sekaligus meningkatkan kualitas SDM masyarakat Klungkung. Inovasi ini juga sejalan dengan visi/misi Bupati Klungkung di bidang pendidikan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta terselenggaranya pendidikan yang berkualitas dan terjangkau.

“Ini merupakan salah wujud komitmen Pemkab Klungkung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Klungkung dan melahirkan SDM yang berkualitas,” ujar Winastra. Dengan diluncurkannya program inovasi ini, pihaknya berharap bisa mengubah pola pikir sekolah selaku penyelenggara pendidikan yang mengedepankan kegiatan praktek penanaman sikap sehingga terbentuk lulusan yang cerdas, terampil dan berkarakter. “Saya harapkan program ini mampu meningkatkan IPM Klungkung di sektor pendidikan,” imbuhnya. *wan

Komentar