nusabali

Operasi Zebra Tindak 1.587 Pelanggar

  • www.nusabali.com-operasi-zebra-tindak-1587-pelanggar

Pengendara Tertib Dihadiahi Bunga Mawar

SINGARAJA, NusaBali
Sampai hari terakhir Operasi Zebra Agung, Senin (12/11), Satuan Lalu Lintas Polres Buleleng d menindak 1.587 orang pelanggar. Ribuan pelanggar itu terjaring sejak razia digelar mulai 30 Oktober.  Pelanggaran yang paling banyak ditemukan adalah ketidaklengkapan surat-surat bermotor dan berkendara, selain juga tak memakai helm SNI saat berkendara.

Kasatlantas Polres Buleleng, AKP Putu Diah Kurniawandari, Selasa (13/11) kemarin mengataka,n dari 1.587 orang pelanggar, 75 ornag diantaranya hanya diberikan teguran simpatik. Sedangkan sisanya 1.512 orang langsung dikenakan tilang. “Jumlah pelanggarnya masih sangat tinggi sekali, terutama dalam kelengkapan surat-surat saat berkendara dan hal-hal yang menyangkut keselamatan, seperti penggunaan helm berstandar SNI, menggunakan HP saat berkendara termasuk berkendara di bawah umur juga banyak kami temukan,” kata dia.

Dengan cerminan kasus itu, pihaknya pun berharap ke depannya kesadaran masyarakat akan keselamatan dalam berkendara dapat meningkat, untuk kebaikan bersama. Dengan tingginya angka pelanggaran, AKP Diah mengaku terus akan menggenjot upaya pembinaan dan giat preventif maupun refresif. Selain juga giat rutin seperti pelayanan kemanusiaan, patroli dan penindakan pelanggaran potensial laka.

“Kami juga sudah masuk ke sekolah, lembaga desa dna pemerintah rutin untuk bersosialisasi untuk menekan laka lantas,” ujar dia.

Sementara itu di hari terakhir Operasi Zebra, Satlantas Buleleng selain melakukan penindakan kepada pengendara yang melanggar juga memberikan reward kepada pengendara yang sudah tertib berlalu lintas. Setiap pengendara yang tertib dihadiahi sekuntum bunga mawar sebagai ungkapan terimakasih kepada masyarakat yangs udah sadar akan keselamatan di jalan raya.

Selain itu juga dibagikan sejumlah helm gratis kepada anak-anak untuk mengajarkan tertib berlalu lintas sejak dini. Ada pula pembagian helm kepada orang dewasa dan wisatawan asing yang melintas tanpa menggunakan helm sebagai pengaman kepala. *k23

Komentar