nusabali

Debut Owi/Della Negatif

  • www.nusabali.com-debut-owidella-negatif

Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Della Destiara menjalani laga debut sebagai pasangan baru di babak pertama Hong Kong Terbuka 2018.

Della Destiara Gantikan Liliyana Natsir

HONGKONG, NusaBali
Namun laga debut mereka berakhir negatif, usai dikalahkan ganda Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino, 15-21, 9-21, di Hongkong Collesium, Selasa (13/11).  Owi, sapaan Tontowi, diduetkan dengan pasangan baru, karena Liliyana Natsir pensiun pada Februari 2019. PBSI pun menunjuk Della Destiara sebagai pasangan baru Tontowi.  

Owi menjalani menjalani turnamen kompetitif terakhir bersama Liliyana di Fuzhou China Terbuka 2018.  Ada wacana Liliyana menjalani laga terakhir di Indonesia Masters 2018. Namun belum ada kepastian juga tentang laga tersebut, serta apakah Liliyana bakal berpasangan dengan Tontowi atau pemain lain.

Demi mempersiapkan diri menghadapi kualifikasi ke Olimpiade Tokyo 2020, Tontowi mulai beradaptasi dengan Della. Namun awal perjuangan mereka berakhir gagal. Pasangan Watanabe/Higashino masih terlalu kuat bagi Owi/Della. Apalagi ganda Jepang tersebut berstatus sebagai unggulan ketujuh.

Pelatih ganda campuran pelatnas PBSI, Richard Mainaky menunjuk Della Destiara Haris sebagai penganti Liliyana.  "Sebelumnya, ada pembicaraan dengan Didi (panggilan akrab Eng Hian, kepala pelatih ganda putri pelatnas PBSI) dan dia setuju karena untuk sementara Della yang paling memungkinkan main rangkap," kata Richard di detikSport.

"Selain itu, Della punya pola main blok depan yang cukup baik. Di sisi lain, yang diperlukan saat ini adalah seorang pemain mix untuk di depan," kata Richard. Selain Hongkong Terbuka, keduanya akan diuji coba di Syed Modi International Badminton Championships 2018 (20-25 November) dan Korea Masters 2018 (27 November sampai 2 Desember).

"Ini masih uji coba. Tergantung poin mereka cukup tidak. Karena hasilnya itu yang menentukan poin mereka cukup untuk masuk turnamen tahun depan, " ujar Richard. *

Komentar