nusabali

Hari Ini, Giliran Pelamar dari Denpasar

  • www.nusabali.com-hari-ini-giliran-pelamar-dari-denpasar

Sebanyak 3.714 pelamar CPNS Kota Denpasar berebut 249 formasi yang terdiri atas tenaga pendidik sebanyak 205 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 44 formasi.

Tes CAT SKD CPNS

DENPASAR, NusaBali
Setelah sebelumnya ribuan pelamar CPNS dari kabupaten lain termasuk provinsi melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Kini, giliran pelamar CPNS Kota Denpasar akan melakoni tes dengan sistem CAT mulai Rabu (14/11) hari ini hingga Jumat (16/11). Sebanyak 3.714 pelamar CPNS Kota Denpasar akan mengikuti SKD secara bertahap selama tiga hari di Makodam IX Udayana, Jalan Udayana Denpasar.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Denpasar, Komang Lestari Kusuma Dewi saat dikonfirmasi, Selasa (13/11) mengatakan, pihaknya sudah siap untuk melaksanakan CAT baik dari segi sistem, teknis maupun SDM untuk menunjang kelancarnya tes ini.   "Kami sudah siap untuk melaksanakan CAT. Selain sistem, persiapan SDM juga sudah kami lakukan. Sehingga pelaksanaan CAT bisa berjalan dengan baik dan semaksimal mungkin. Jam pertamanya mulai dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 09.30 Wita. Dan selanjutnya hingga 5 sesi berakhir. Jadi semua sudah kita persiapkan semampunya," ungkapnya.

Kata Lestari, saat ini pihaknya juga menggunakan metal detector untuk mengecek barang yang dibawa oleh peserta. Sebab para peserta tidak diperkenankan membawa barang apapun termasuk handphone. Barang yang bisa dibawa saat test hanya daftar peserta dan KTP peserta. Kemudian di meja registrasi pansel juga menyiapkan fingerprint scanner untuk memastikan kesesuaian sidik jari peserta dengan KTP yang dibawa untuk menyikapi adanya perbedaan wajah antara foto peserta pada kartu ujian dengan foto pada KTP si pelamar sendiri.  "Dan karena Pansel Pemkot menganggap setiap tahapan harus dilakukan dengan serius makan petugas yang melakukan pemeriksaan metal detector mendapatkan pelatihan dari instruktur kepolisian Ditpamobvit Polda Bali. Selain itu, kami juga perketat pada barang bawaan mereka. Sampai firegistrasi mereka mencocokkan wajah mereka pada daftar peserta dan KTP baru mereka bisa masuk ke dalam ruangan," imbuhnya.

Lestari berharap tidak ada kendala dalam ujian tersebut. Sebab pihaknya sudah berupaya melaksanakan sebagai mana mestinya. "Jika ada kendala nantinya kami harap tidak secara signifikan. Dari pantauan dan persiapan kami, H-1 ini sudah semua bisa terkoneksi dengan baik. Kami mohon doanya agar semua berjalan tanpa hambatan," tandasnya.

Ketika ditanya apakah hasil SKD CPNS Kota Denpasar akan bisa memenuhi formasi yang ada? Lestari mengatakan, bahwa passing grade SKD merupakan kewenangan pusat. "Passing grade itu ranah pusat yang diatur dalam Permenpan. Namun, dari beberapa berita yang saya baca Panselnas akan mengevaluasi hasil SKD ini," katanya. Apalagi menurutnya peserta SKD yang memenuhi pasing grade secara nasional di bawah 10 persen.

Jika hasil SKD di Kota Denpasar tidak memenuhi formasi, maka pihaknya hanya bisa menunggu instruksi pusat. "Kalau di Denpasar nunggu pusat jika misal hasil SKD di bawah formasi. Mudah-mudahan ada revisi Kemenpan. Kasihan kosong, apalagi lama tidak ada seleksi CPNS," imbuhnya.

Sebelumnya, ribuan pelamar CPNS telah melakoni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Masing-masing pelamar di Pemprov Bali mengikuti tes di Kantor Regional X BKN pada 1-11 November, pelamar di Kabupaten Buleleng mengikuti tes pada 31 Oktober-2 November  di Makodam IX/Udayana, pelamar di Kabupaten Gianyar mengikuti tes pada 3 November (Makodam IX/Udayana), pelamar di Kabupaten Klungkung pada 4 November (Makodam IX/Udayana), pelamar  di Kabupaten Badung pada 5-6 November (Makodam IX/Udayana), pelamar di Kabupaten Karangasem pada 7-8 November (Makodam IX/Udayana), pelamar di Kabupaten Jembrana 9-10 November (Makodam IX/Udayana) dan pelamar CPNS di Kabupaten Tabanan  mengikut tes pada11-13 November yang berlangsung di Makodam IX/Udayana. *mi

Komentar