nusabali

'Disentil' Jerinx, Via Vallen Bungkam

  • www.nusabali.com-disentil-jerinx-via-vallen-bungkam

Nyanyikan lagu tanpa seizin Superman Is Dead

JAKARTA, NusaBali

Nama pedangdut Via Vallen memang lagi naik daun setelah sukses membawakan beberapa cover lagu dengan nuansa koplo. Bukan hanya musik dalam negeri, belum lama ini Via bahkan berani membawakan lagu milik girlband Korea Selatan,Blackpink.

Setelah malang melintang di industri musik dengan beberapa lagu cover tanpa terkena masalah, kali ini tampaknya Jerinx SID selaku drummer Superman Is Dead (SID) menyampaikan rasa kecewanya kepada Via Vallen. Hal itu ia sampaikan melalui twitnya pada Jumat (9/11).

Awalnya, Jerinx membalas sebuah cuitan dari penggemarnya soal single terbaru.

"Bersyukur bli punya fans LADY ROSE cantik bukan karena oplas meski beda aliran antara punkrock dan dangdut," tulis @Made_Dav.

Rupanya Jerinx berpendapat lain. Menurutnya, penyanyi kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 itu telah merendahkan makna dari lagu tersebut.

"Ngefans tapi sama sekali nggak pernah minta izin bawain lagu SID. Dan lagu ini pesannya besar. Vallen paham nggak apa yang ia nyanyikan? Ini bukan tentang nominal. She's DEGRADING the meaning of the song," balas Jerinx seperti dilansir kapanlagi.

Dari cuitan yang diungkapkan oleh Jerinx, baru diketahui bahwa selama ini pihak Via Vallen tak pernah meminta izin langsung ke SID soal penggunaan lagunya. Kendati demikian, Jerinx mengaku tak mempermasalahkan soal royalti namun pesan di balik lagunya yang jauh lebih penting daripada itu.

“Saya ga akan nuntut nominal apapun dari VV atau penyanyi lain yg pernah/masih hidup atas karya SID. Hanya berharap kalian lebih bijak ketika berurusan dengan musik kami. SID bukan cuma band. Kami lebih besar dari hiburan. Uang, fame, rupa, bukanlah segalanya, ada hal yg lebih tinggi bernama INTEGRITAS,” tulisnya.

Cuitan Jerinx di Twitter kemudian ia unggah ke akun Instagram-nya. Ia bahkan me-mention Via Vallen di postingan Instastory-nya secara langsung.

Jika dilihat di platform Youtube, Via Vallen memang sudah cukup lama membuat cover lagu Sunset di Tanah Anarki milik Superman is Dead. Menanggapi pertanyaan soal teguran yang baru dilayangkan sekarang, Jerinx SID nyatanya memiliki alasan khusus.

"Karena album SID yang baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yang sangat mungkin dijadikan versi dangdut atau koplonya. Dan jika kami diamkan, bisa jadi VV, atau penyanyi semacam dia akan melakukannya lagi; memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut," tegas Jerinx, dilansir dari akun Instagram pribadi-nya.

Anehnya, meski mendapat pembelaan dari para fansnya, Via Vallen tak kunjung buka suara soal postingan Jerinx kepadanya. Via hanya mengunggah kegiatannya saat tampil di Gelora Bung Karno.

"Festival pesona lokal, besok di GBK," tulisnya pada Sabtu (10/11) lalu seperti dilansir detik. Dari postingan itu justru diramaikan oleh netizen yang mendukungnya ataupun menyetujui pemikiran dari Jerinx. Mereka saling berbalas komen di kolom komentar tersebut tanpa ditanggapi oleh sang pemilik lapak, yakni Via Vallen. "Penyanyi gamutu bisanya cuma cover tanpa izin dan lipsing," tulis pemilik akun @rifki_hdr. Adapula yang menjuluki Via sebagai Ratu Cover dan memintanya membawakan lagu dari Thailand yang tengah viral.*

Komentar