nusabali

Megawati Berbagi Kisah Tentang Paskibraka

  • www.nusabali.com-megawati-berbagi-kisah-tentang-paskibraka

Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri mendapat penghargaan lifetime achievement Bhakti Teratai Putra Indonesia dari Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia (PP PPI).

JAKARTA, NusaBali
Penghargaan diberikan langsung oleh Ketum PP PPI, Gousta Feriza di Balai Sarbini, Jakarta pada, Sabtu (10/11) malam. Menurut Gousta, penghargaan diberikan dalam rangka memperingati hari Pahlawan.

"Momentum hari Pahlawan ini, kami memberikan penghargaan kepada Ibu Megawati. Beliau adalah anggota Paskibraka 1964 yang juga merupakan presiden kelima Indonesia," ujar Gousta dalam sambutan. Sebelum menerima penghargaan tersebut, Megawati terlebih dahulu memberi pidato wawasan kebangsaan.

Ia berbagi kisah, sekelumit pengalamannya menjadi Paskibraka. Menurut Megawati, Paskibraka saat ini dengan jamannya ada sedikit perbedaan. Antara lain dari sepatu. Kala itu, sepatu Paskibraka tidak bertali sehingga harus bisa menjaga langkah dengan baik. Ia pun teringat ketika latihan sepatunya terlempar.

"Sepatu copot dan terlempar ketika latihan langkah tegap. Kami pun mendapat hukuman," ucap Megawati seraya tersenyum. Namun saat pelaksanaan upacara, ia sukses menjalankan tugasnya. Saat itu, Megawati kebagian tugas membawa bendera Pusaka yang diserahkan langsung oleh presiden Soekarno yang notabene adalah ayahnya.

Megawati berharap agar kaum muda Indonesia mengetahui sejarah perjalanan bangsa. Begitupula saat para pejuang mempertahankan bendera Merah Putih. Dimana dalam peristiwa di Hotel Orange, Surabaya, Jawa Timur, para pejuang dengan heroik merobek bagian biru dari bendera Belanda agar menjadi bendera Merah Putih.

"Mendengar cerita heroik itu saya tidak bosan-bosannya. Oleh karena itu, jangan coba-coba mengganti bendera Merah Putih dengan yang lain. Kita harus siap mempertahankannya," tegas Megawati.

Di acara tersebut, PPI Bali juga turut hadir. Ketua PPI Bali I Dewa Agung Uganda Putra mengatakan, dari Bali ada delapan orang. Mereka adalah Putu Gede Surya Pujawan (Paskibraka Nasional tahun 1997). Diana Febriyanti (Paskibraka Provinsi Bali 2010), I Dewa Agung Suganda Putra (Paskibraka Provinsi Bali 1990), Ida Ayu Agung Anggreni (Paskibraka Nasional 1968), Ngakan Kuta Heriawan (Paskibraka Nasional 1990), Heri Suwena (Paskibraka kabupaten Bangli 2003), Kadek Wibek Suwantara dan Made Kembar Tirta Negara (Paskibraka kabupaten Bangli 2013). *k22

Komentar