nusabali

Warga Penglipuran Sewakan Payung ke Wisatawan

  • www.nusabali.com-warga-penglipuran-sewakan-payung-ke-wisatawan

Warga di Objek Wisata Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan/Kabupaten Bangli dapat tambahan penghasilan dari penyewaan payung kepada wisatawan.

BANGLI, NusaBali
Penghasilan yang diperoleh bervariasi, sesuai dengan jumlah payung yang disewa. Harga sewa payung Rp 10.000 per buah.

Pengelola Objek Wisata Penglipuran, I Nengah Moneng, mengatakan pada musim hujan, sejumlah warga menyewakan payung untuk wisatawan. Bagi warga yang menyewakan payung, terlebih dahulu melapor kepada pengelola, selanjutnya payung ditempatkan di front office. “Dilaporkan dulu kepada petugas, setelah dipakai oleh wisatawan, petugas kami yang merapikan,” ungkapnya, Jumat (9/11).

Dikatakan, satu buah payung disewakan dengan harga Rp 10.000. Harga sewa tersebut nantinya dipotong 20 persen. Lima persen masuk ke kas desa adat dan 15 persen untuk pengelola. Menyewakan paying juga ada risikonya, seperti kehilangan. “Mungkin penyewa lupa, payungnya dimasukkan langsung di mobil,” ujarnya. Nengah Moneng menambahkan, musim hujan ini tidak terlalu berdampak besar terhadap tingkat kunjungan. Sebagian besar wisatawan yang datang sudah berdasarkan paket wisata. *es

loading...

Komentar