nusabali

MU Bak Ulangi Final 1999

  • www.nusabali.com-mu-bak-ulangi-final-1999

Lima menit terakhir yang fantastis bagi Manchester United (MU). Itulah performa Paul Pogba dkk di level tinggi saat menaklukkan Juventus 2-1 di matchday 4 Grup H Liga Champions 2018/19, di Allianz Stadium, Turin, Kamis (8/11) dini hari WITA.

Lima Menit Terakhir Taklukkan Juventus


TURIN, NusaBali
Kemenangan MU itu menjadi bahasan istimewa beberapa media di Inggris. Salah satunya BBC, yang menyebut laga kontra raksasa Italia itu bak final Liga Champions 1999. Lantas BBC merujuk kebangkitan MU pada menit-menit terakhir saat menekuk Bayern Munchen di Camp Nou, Barcelona, nyaris dua dekade silam.

Ketika itu, MU tertinggal 0-1 mulai babak pertama. Namun MU berbalik unggul 2-1 pada lima menit menjelang laga berakhir. Dua gol pemain pengganti Teddy Sheringham dan Ole Gunnas Solksjaer, membawa MU

pulang dengan gelar juara Liga Champions 1998/1999.  Hal yang sama juga terjadi saat melawan Juve. Tertinggal 0-1 oleh gol Cristiano Ronaldo pada menit 65, MU bangkit lebih tajam dan berbalik menang 2-1 lewat gol tendangan bebas pemain pengganti Juan Mata (85) dan gol bunuh diri Alex Sandro pada injury time.

Pelatih MU Jose Mourinho pun menyebut timnya tak lagi inferior saat menghadapi tim sekelas Juve. Pada laga pertama lalu, MU kalah akibat para pemain tampak tak percaya diri menghadapi Juventus meski bermain di Old Trafford. Mourinho percaya pemainnya tampil lebih baik dari skuat Juve.

Pasca kekalahan di pertemuan pertama lalu, Mourinho menyebut ada beberapa pemain MU yang mengaku tak percaya diri menghadapi Juventus. Hal inilah yang coba diperbaiki menjelang laga tersebut.

"Saya berusaha mengembangkan itu karena kami harus datang ke sini [skuat Juve] dan tak merasa inferior," tegas Mourinho, di laman resmi manutd.

Hal itu bisa dipahami. MU memang terus diserang kesulitan beberapa pekan terakhir. Perbedaan mentalitas ini ternyata sama pentingnya dan memberikan suntikan tenaga pada pemain di lapangan. Juan Mata pun tidak dapat menutupi rasa senangnya setelah timnya mengukir comeback di markas Juventus. “Sungguh lima menit yang fantastis! Ini malam yang sangat bagus buat kami,”kata Mata.

Kekalahan Juve juga membuat persaingan di Grup H kian ketat. MU menjaga peluang lolos ke 16 besar, karena di urutan kedua dengan tujuh poin dari empat laga. Si Nyonya Tua masih di puncak dengan sembilan angka. Menang 3-1 atas Young Boys, Valencia di peringkat tiga dengan lima poin, juga masih punya peluang. *

loading...

Komentar