nusabali

Gesit Bertarung Lawan Vario cs

  • www.nusabali.com-gesit-bertarung-lawan-vario-cs

Kemungkinan Dibandrol Rp 22-23 Juta

JAKARTA, NusaBali
Akhirnya motor listrik Gesits akan diproduksi massal mulai Januari 2019. Namun sayangnya soal harga belum diperoleh kepastian. Ada yang menyebut Rp 22 juta, Rp 20 jutaan, di bawah Rp 20 juta, bahkan ada yang sempat meletupkan angka Rp 15 juta.

Angka Rp 15 juta itu dirilis saat pertama kali Gesits dikenalkan tahun 2015. CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah bahkan sempat beberapa kali menegaskan motor dijual dengan harga di bawah Rp 20 juta. "Untuk penghitungan harga, Gesits akan di bawah Rp 20 jutaan. Tapi secara global saya mendapatkan ilustrasi, motor listrik lebih hemat 30-50 persen dibandingkan motor konvensional," ujarnya dikutip detikOto.

Soal harga motor Gesits ini memang masih rahasia. Presiden Joko Widodo sebagai salah satu peminat Gesits mengaku sudah mengetahui harga motor listrik tersebut. Kini Direktur PT Gesits Technologies Indo Zaki Nahdi Saleh membocorkan harga Gesits justru berada di kisaran Rp 20 jutaan. "Kalau dari kita, dari industrinya kurang lebih di Rp 20 juta, kalau nanti kita jual ke pasar kurang lebih Rp 22-23 juta," ungkapnya.

Jika memang nantinya Gesits dijual dengan harga Rp 20 jutaan, maka motor listrik itu harus beradu dengan motor-motor bermesin konvensional merek Jepang seperti Honda Vario hingga Yamaha Lexi. Tak hanya itu, banyak juga skutik dengan harga di bawah Rp 20 jutaan seperti Honda Beat, Scoopy, Mio, Suzuki Address dan sederet model lainnya.

Gesits juga harus berhadapan dengan motor listrik yang sudah terlebih dahulu meluncur di Indonesia yakni Viar Q1. Mengacu pada harga Rp 20 juta, Viar Q1 dijual dengan harga lebih murah. Terakhir diberitakan pada Mei 2018, harga Viar mengalami kenaikan menjadi Rp 17,15 juta karena pengaruh nilai tukar rupiah yang terus melemah terhadap dolar AS.

Di sejumlah toko online sepeda motor listrik juga sudah dijual dengan berbagai jenis. Merk Magnum di Tokopedia dibandrol Rp 13,4 juta, Indonike di Buka Lapak Rp 9,5 juta, ada juga molis dengan harga premium seperti Magnus yang di Buka Lapak dijual Rp 26,9 juta dengan kapasitas listrik mencapai 1.200 watt.*mao

Komentar