nusabali

Timnas Main Rapi dan Asah Bola Mati

  • www.nusabali.com-timnas-main-rapi-dan-asah-bola-mati

Timnas Indonesia berkekuatan 23 pemain bertolak ke Singapura pada Selasa (6/11) sore.

Kemarin Sudah Bertolak ke Singapura

JAKARTA, NusaBali
Keberangkatan H-3 ini sebagai persiapan jelang bentrok laga pembuka Piala AFF 2018 melawan tuan rumah Singapura  di National Stadium, Singapura,  Jumat  (9/11). Laga melawan tim asuhan Fandi Ahmad tersebut sangat krusial bagi Timnas. Hasil di pertandingan ini bisa menentukan langkah Pasukan Garuda dalam perebutan tiket ke semifinal. Tiga poin pastinya jadi target Timnas. Tapi, demi meraih tiga poin, ada catatan yang harus dipenuhi para pemain saat berhadapan dengan juara Piala AFF 4 kali itu. “Bermain rapi,” kata pelatih Timnas, Bima Sakti Tukiman.

Para pemain Timnas dituntut untuk bisa bermain terorganisir, baik dalam situasi bola mati maupun open play. Sebab, menurut Bima, bermain rapi adalah kunci dalam upaya meraih kemenangan. Dengan bermain rapi, Bima yakin anak-anak asuhnya bisa mendulang hasil terbaik. "Mereka harus tanggung jawab atas posisi masing-masing. Harus mengerti, dalam pertandingan tak boleh ada pertanyaan 'oh saya harus di mana'," terang Bima dikutip viva usai pimpin latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (6/11).

Bima tak cuma menekankan pemain rapi dalam organisasi permainan. Berbagai macam situasi, ditegaskan Bima, harus dimanfaatkan. Termasuk, dalam situasi bola mati. Beberapa kali, skema bola mati sudah diasah. Pun, di latihan pagi tadi.

"Kami sudah asah set piece sejak latihan di Indonesia. Bagaimana antisipasi, bertahan dengan baik di situasi tersebut. Kami kerap kecolongan di situasi set piece," kata Bima.

Total, ada 23 pemain yang ikut menjalani latihan kemarin. Salah satunya adalah Stefano Lilipaly yang sempat berlatih terpisah dari rekan setimnya.   Lilipaly sudah mulai berlatih sejak Senin lalu. Pemain asal Bali United tersebut mengalami cedera kaki sehingga tim pelatih memutuskan dia untuk berlatih terpisah beberapa waktu lalu.

Pelatih, Bima Sakti, membagi dua tim dalam sesi latihan kali ini. Satu tim bermain Rondo, sedangkan satunya berlatih eksekusi bola mati (set piece). Latihan tersebut dilakukan secara bergantian. Bima kemudian memberikan menu latihan tendangan bola mati. Pemain seperti Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Muhammad Hargianto berlatih tendangan bebas.*

loading...

Komentar