nusabali

Ganti Tabung Gas, Api Nyaris Ludeskan Dapur

  • www.nusabali.com-ganti-tabung-gas-api-nyaris-ludeskan-dapur

Rumah I Wayan Widiarsa, 62, mendadak heboh pada Kamis (1/11).

TABANAN, NusaBali
Pasalnya tabung gas yang digunakan memasak di dapur rumahnya di Banjar Dinas Senganan Kangin, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Tabanan ‘menyemburkan’ api. Beruntung ‘semburan’ api itu tidak sampai membakar rumah korban meski sempat membuat panik.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 Wita. Saat itu istri korban Ni Nyoman Landri, 60, sedang memasak menggunakan dua kompor. Kompor yang satu sudah nyala apinya, sedangkan kompor kedua  gasnya habis.

Landri pun mengganti dengan tabung gas baru ukuran 3 kilogram. Namun apes pada saat menghidupkan kompor, tiba-tiba api menyambar dari kompor yang sudah nyala. Dia pun berteriak meminta tolong. Datanglah suaminya Wayan Widiarsa membantu memadamkan api.

Api yang telah membakar kompor dan tabung gas berhasil dipadamkan dengan alat seadanya. Untung saja tidak sampai membakar rumah dan menyambar Nyoman Landri.

Kebakaran juga terjadi pada Rabu (31/10) malam sekitar pukul 23.00 Wita. Dapur semi permanen ukuran 8 x 6 meter milik I Wayan Kartono, 53, di Banjar Dinas Serason, Desa Pitra, Kecamatan Penebel, Tabanan terbakar.

Kebakaran Rabu malam itu bermula dari Kartono sedang menonton televisi. Tiba-tiba listrik di rumahnya padam. Kemudian korban keluar untuk mengecek listrik tersebut. Namun korban mendadak terkejut.

Tetangga korban, Ni Made Sukartini memanggil, menyebut dapur yang tidak jauh dari rumahnya terbakar di bagian atap. Korban pun berlari ke lokasi didapati api sudah membesar. Korban Kartono dibantu warga berusaha memadamkan api sembari menunggu mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

Namun sayang karena api telah membesar bangunan dapur semi permanen terbakar. Akibat kejadian itu, satu unit traktor merek Quick, satu mesin pemotong rumput, dua buah almari, dan tiga kwintal gabah kering ludes terbakar. Kerugian ditafsir mencapai Rp 60 juta.

Kapolsek Penebel AKP I Ketut Mastra Budaya membenarkan peristiwa tersebut. Yang jelas kedua kebakaran tersebut tidak sampai menyebabkan korban jiwa. “Sudah tertangani semua, tidak ada korban jiwa,” tandasnya. *de

Komentar