nusabali

Pembangunan Balai Budaya Hingga Akhir 2018 Ditarget Tuntas 35 Persen

  • www.nusabali.com-pembangunan-balai-budaya-hingga-akhir-2018-ditarget-tuntas-35-persen

Pembangunan gedung balai budaya Graha Mangu Mandala di kompleks Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung di Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi progresnya sudah mencapai 22,9 persen.

MANGUPURA, NusaBali

Berdasarkan pantauan, bangunan megah yang berada tak jauh dari gedung Depo Arsip ini sudah tampak strukturnya. Pembangunan gedung bernilai ratusan miliar rupiah itu kelak akan dilengkapi teknologi canggih, sehingga juga bisa dijadikan tempat konser musik bertaraf internasional.

“Target pengerjaan gedung balai budaya Graha Mangu Mandala sampai akhir tahun 2018 sebesar 35 persen. Kini hingga awal November progress baru sampai 22,9 persen,” ungkap Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Badung IGA Ngurah Arinda Trisnawati, Kamis (1/11).

Pihaknya meyakini target tersebut tidak meleset, karena progresnya sangat bagus. “Jadi, kan tinggal 1,35 persen lagi. Kita harapkan hal itu bisa tercapai di bulan Desember 2018 nanti,” harapnya.

Arinda menyatakan pada 2019 mendatang pihaknya juga bakal mengerjakan sejumlah proyek besar, di antaranya pembangunan gedung D, F, dan G RSUD Mangusada, rehab gedung LPSE, rehabilitasi Museum Yadnya, pembangunan kantor Camat Kuta Utara dan Kuta Selatan, dan lainnya.

Sekadar mengingatkan, pengerjaan fisik pembangunan gedung balai budaya Graha Mangu Mandala dipercayakan kepada PT Tunas Jaya Sanur. Pagu anggaran proyek ini sekitar Rp 336 miliar, namun oleh pihak rekanan ditawar Rp 317 miliar.

Sesuai perencanaan awal, gedung balai budaya bakal berdiri di lahan seluas 18 ribu meter persegi. Dengan konsep modern dan bertaraf internasional, nantinya diperkirakan dapat menampung sekitar 2.600 penonton.

Selain itu juga ada dilengkapi piranti pendukung lainnya seperti LED, sound system, dan lighting yang berstandar internasional. Dengan begitu, tidak saja untuk pagelaran seni dan budaya, tapi juga untuk konser musik.

Wacana pembangunan gedung ini sebetulnya sudah muncul sejak era Bupati Badung ke-11, Anak Agung Gde Agung. Namun baru pada era Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pembangunannya terealisasi. Pemkab Badung berharap masyarakat, para seniman, dan sekaa teruna di Gumi Keris bisa memanfaatkan gedung balai budaya untuk berekspresi dan berkreasi. *asa

Komentar