nusabali

Panggil Indra Sjafri, PSSI Evaluasi Timnas U-19

  • www.nusabali.com-panggil-indra-sjafri-pssi-evaluasi-timnas-u-19

Korsel dan Arab Saudi Lengkapi Semifinalis

JAKARTA, NusaBali
Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia U-19 2018 terhenti. PSSI berencana menggelar evaluasi dengan memanggil pelatih Indra Sjafri. Timnas U-19 gagal mewujudkan mimpi lolos ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Nurhidayat dkk terhenti di babak perempatfinal Piala Asia usai dikalahkan Jepang 0-2.

Penampilan Timnas U-19 di fase grup A naik turun. Sempat menang lawan Taiwan, Skuat Garuda Muda kalah 5-6 dari Qatar dan akhirnya menang 1-0 dari Uni Emirat Arab. Indonesia lolos sebagai runner-up grup A.

Setelah tugas Timnas U-19 usai, PSSI pun berencana untuk menggeber evaluasi. Selain itu, PSSI sudah harus menyiapkan Timnas menghadapi turnamen lain.

"Dalam waktu dekat, kami akan menggelar dapat evaluasi timnas U-19. Yang pasti, coach Indra sendiri telah melakukan evaluasi terhadap timnya. Tinggal bagaimana melaporkannya kepada PSSI," ujar Gatot Widakdo, head of media PSSI, kepada pewarta, Selasa (30/10).

"Secara umum, penampilan timnas di Piala Asia ini cukup bagus. Artinya, mereka mampu menghadapi lawan-lawannya yang cukup kuat. Tapi pasti PSSI juga memiliki catatan-catatan sendiri, termasuk seperti apa masa depan timnas U-19 dan pelatih," dia menambahkan. Setelah tampil di Piala Asia U-19, seluruh pemain dikembalikan ke klubnya masing-masing. Sampai saat ini, PSSI belum menyatakan Timnas dibubarkan.

Sementara itu empat semifinali Piala AFF U-19 sudah lengkap. Setelah Qatar dan Jepang lebih dululu lolos, disusul Korea Selatan dan Arab Saudi.

Selain melaju ke semifinal, keempat negara tersebut berhak mewakili Benua Kuning untuk memesan tempat di putaran final Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

Korsel mengalahkan Tajikistan di perempat final, Senin (29/10), berkat gol dari Jeon Se-jin pada menit 44 lewat sepakan kaki kanan memanfaatkan umpan kiriman Oh Se-hun di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Menyusul langkah Korsel, Arab Saudi sukses merengkuh kemenangan dengan skor meyakinkan 3-1 saat meladeni Australia. Turki Al-Ammar, Feras Albirakan dan Saud Abdulhamid menjadi pencetak tiga gol kemenangan Arab Saudi, sedangkan Nathaniel Atkinson mencetak satu-satunya gol balasan Australia.

Di semifinal, Korsel akan berhadapan dengan Qatar yang sukses menghentikan perlawanan Thailand dengan kemenangan 7-3 lewat pertandingan yang dilanjutkan hingga babak tambahan. Korsel berstatus sebagai negara paling rajin menjuarai Piala Asia U-19, dengan catatan 12 kali dan terakhir mereka capai pada 2012. Lawannya, Qatar, juga pernah mengecap gelar juara pada edisi 2014 silam.

Sedangkan Arab Saudi bakal bertemu Jepang, yang melenggang ke semifinal usai menyingkirkan tuan rumah Indonesia 2-0. Pertemuan keduanya tak ubahnya laga ulangan partai final edisi 2016, yang berakhir dengan Jepang sebagai jawara lewat drama adu penalti.

Kedua pertandingan semifinal bakal digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (1/11), dengan laga Qatar kontra Korsel dijadwalkan berlangsung mulai pukul 16.00 WIB, disusul Jepang vs Arab Saudi mulai pukul 19.30 WIB. *ant

Komentar