nusabali

Kominda Studi Banding ke Gunungkidul

  • www.nusabali.com-kominda-studi-banding-ke-gunungkidul

Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Kabupaten Klungkung melakukan studi banding ke Pemkab Gunungkidul, Jogjakarta.

SEMARAPURA, NusaBali
Kegiatan ini serangkaian peningkatan wawasan dalam menjaga stabilitas keamanan daerah.  Banyak hal dibahas dalam pertemuan jajaran Kominda dan unsur Pemkab Gunungkidul, di Ruang Rapat V Setda Kabupaten Gunungkidul, Selasa (30/10). Antara lain, peran Kominda dalam menciptakan kondusifitas daerah, metode pengawasan warga negara asing, kewaspadaan dini daerah dan lainnya. Rombongan dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Klungkung I Made Kasta sekaligus Wakil Ketua Kominda Klungkung. Mereka diterima Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi MH, didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunungkidul Wahyu Nugroho, bersama anggota Kominda Gunungkidul.

Wabup Immawan menjelaskan, Kabupaten Gunungkidul memiliki konstur wilayah dan geografis hampir sama dengan Klungkung. Kabupaten Gunungkidul dengan 18 kecamatan memiliki wilayah pantai yang dikembangkan menjadi daya tarik wisata. Dimana sudah tentu, perkembangan pariwisata akan dibarengi dengan banyaknya kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara (warga asing). Satu hal yang harus dilakukan terkait hal tersebut adalah mengawasi keberadaan warga asing.

Wabup Klungkung I Made Kasta menyampaikan tujuan dari studi banding ini untuk sharing terkait keberadaan Kominda di Gunungkidul. Keberadaan Kominda menyangkut bagaimana upaya-upaya yang dilakukan dalam menjaga situasi keamanan daerah di Kabupaten Gunungkidul. "Kami ingin tahu bagaimana langkah-langkah yang dilakukan dalam menjaga keamanan wilayah disini," ujar Wabup Kasta didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Klungkung I Wayan Sujana.

Wabup Gunungkidul Immawan Wahyudi menyampaikan secara umum kondisi wilayah Gunungkidul relatif kondusif. Bahkan dari data yang tercatat sebelumnya beberapa wilayah nihil kasus atau tidak ada laporan kejadian di kepolisian. *wan

Komentar