nusabali

VMS Depan Puspem Mati karena Komputer Rusak

  • www.nusabali.com-vms-depan-puspem-mati-karena-komputer-rusak

Papan informasi elektronik atau variable message sign (VMS) yang ada di depan Puspem Kabupaten Badung di Sempidi, Kecamatan Mengwi, kembali error.

MANGUPURA, NusaBali
VMS yang dipasang Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Badung itu disebut-sebut mengalami masalah pada personal computer (PC). Bukan kali ini saja VMS tersebut mati. Namun, sudah beberapa kali terjadi. Bahkan, pernah suatu ketika tampilan pada VMS hanya nyala sebagian, dan sebagiannya padam.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Badung Tofan Priyanto, mengakui VMS yang letaknya di depan pintu masuk Puspem Badung saat ini mengalami masalah. Sehingga untuk layanan informasi terkait lalu lintas terganggu. Padahal, fungsi dari VMS cukup penting untuk memberikan update informasi lalu lintas, sehingga pengguna jalan dapat mengetahui apakah ruas jalan di Badung sedang macet atau tidak.

Menurut Tofan, dari hasil pengecekan diketahui alat yang bermasalah adalah pada bagian PC. “Yang mengalami masalah di bagian PC-nya. Ini sudah mati sejak Minggu,” ujarnya, Selasa (30/10).

Saat ini pihaknya telah melakukan perbaikan terhadap PC yang rusak itu. PC pun sudah dicabut sementara untuk diperbaiki. Tofan memastikan, pelayanan informasi lalu lintas akan kembali normal saat PC tersebut terpasang.

Atas kondisi ini, Tofan meminta permakluman kepada masyarakat. “Kemungkinan pekan ini sudah selesai dan kembali bisa digunakan,” katanya.

Di Badung, perangkat VMS yang mulai dipasang sekitar tiga tahun lalu tersebar di sejumlah titik ruas jalan. Selain di depan Puspem Badung, Jalan Raya Sempidi, papan sejenis juga dipasang di sebelah barat monumen bangsal Dalung, Kuta Utara, serta di Jalan Raya Tuban depan SDN 6 Tuban, Kecamatan Kuta. *asa

Komentar