nusabali

Sambut OOC, Tabanan Bersihkan Pantai Kedungu

  • www.nusabali.com-sambut-ooc-tabanan-bersihkan-pantai-kedungu

Sejumlah instansi di Kabupaten Tabanan gelar aksi bersih-bersih di Pantai Kedungu, Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Minggu (28/10) pagi.

TABANAN, NusaBali
Bersih pantai dilakukan untuk menyambut Our Ocean Conference (OOC) 2018 yang akan digelar di Nusa Dua, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, akhir Oktober ini.

Kegiatan yang dipimpin oleh Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa tersebut juga diikuti oleh sejumlah murid SD dan elemen masyarakat Kedungu. Sampah yang berhasil dipungut, dikumpulkan kemudian diangkut truk sampah yang sudah disediakan.

Sekda Ariwangsa menerangkan aksi bersih pantai ini dilakukan dalam rangka menyambut Our Ocean Conference 2018. Aksi ini serentak dilakukan di seluruh kabupaten/kota. “Kalau di Tabanan fokusnya di Pantai Kedungu,” ujarnya.

Kata dia, dipilihnya Pantai Kedungu karena pantai ini saat ini mampu memikat wisatawan domestik dan manca negara karena jadi lokasi favorit untuk surfing. Di samping masyarakat setempat sudah menata sekitaran Pantai Kedungu dan sudah semakin sadar tidak membuang sampah sembarangan. "Sekarang Pantai Kedungu sudah tertata sangat luar biasa perubahannya,” imbuh Ariwangsa.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan  Anak Agung Raka Icwara, menjelaskan kegiatan ini serentak dilaksanakan di Bali dan dipusatkan di Pantai Nusa Dua. Sementara untuk di Kabupaten Tabanan dipusatkan di Pantai Kedungu, Kecamatan Kediri.

“Di Bali juga banyak sampah plastik. Karena sampah plastik sangat sulit diurai oleh tanah maka kita harus memilah, mana sampah organik dan mana sampah non organik agar sampah plastik itu bisa didaurulang, sehingga dapat bermanfaat bagi kita semua,” tandasnya. *de

Komentar