nusabali

Berturut-Turut Denpasar Raih Anugerah Pandu Negeri

  • www.nusabali.com-berturut-turut-denpasar-raih-anugerah-pandu-negeri

Satu-satunya di Bali Raih Tata Kelola Pemerintahan Terbaik Nasional

DENPASAR, NusaBali
Konsen pada tatakelola pemerintah yang baik melalui inovasi yang ada, Pemkot Denpasar kembali berhasil menjadi pemerintah daerah terbaik di Indonesia. Sebagai daerah satu-satunya di Bali, Denpasar berturut-turut meraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri kategori terbaik tata kelola pemerintahan. Sebelumnya pada tahun 2017 Kota Denpasar juga dinobatkan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola sangat baik. Penganugrahan tahun ini diserahkan Wakil Presiden RI periode 2009-2014 yang juga Ketua Dewan Penasehat IIPG, Boediono, Jumat (26/10) malam yang diterima Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar di Grand Sahid Hotel Jakarta Pusat.

Acara Anugerah Pandu Negeri yang kedua tahun ini oleh IIPG (Indonesian Institute for Public Governance) dengan mengangkat tema ‘Membangun Tata Kelola dan Budaya Pemerintahan Daerah yang Bersih’ Ajang pemberian penghargaan tahunan ini untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik, serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah.

Ketua IIPG, Sigit Pramono mengatakan bahwa Anugerah Pandu Negeri merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki kinerja dan tata kelola terbaik, serta pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola. Menurut Sigit, penilaian dilakukan terhadap 548 pemerintah daerah yang terdiri dari 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota dan kota administrasi, dengan kriteria Aspek Performance, yang meliputi Pertumbuhan Ekonomi, Pengembangan Manusia, dan Breakthrough Result (Transformative and Innovative). Disamping itu juga ada Aspek Governance yang meliputi Tata Kelola Keuangan, Tata Kelola Pemerintahan, serta Anti Korupsi.

Sementara Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mengatakan, penghargaan ini menjadi prestasi kesekian kalinya yang diraih Pemkot Denpasar dalam bidang tata kelola pemerintahan. Penghargaan ini menjadi cambuk bagi Pemkot Denpasar dalam melakukan pembenahan-pembenahan menjaga pemerintahan yang bersih dengan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai harapan masyarakat dan juga Walikota IB Rai Dharmawijaya Mantra serta Wakil Walikota IGN Jaya Negara. Pengembangan Kota Denpasar selama lima tahun terakhir telah meraih capaian Indek Pembangunan Manusia 83,01% yang terus meningkat dan selalu tertinggi di Provinsi Bali.

Fokus utama dalam pembangunan kedepan adalah penguatan jati diri masyarakat Kota Denpasar berlandaskan kebudayaan Bali, pemberdayaan masyarakat Kota Denpasar berlandaskan kearifan lokal seperti penguatan Subak, Denpasar Smart City, peningkatan pelayanan publik melalui tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) berdasarkan penegakan supremasi hukum dengan adanya pelayanan publik satu pintu yaitu Mal Pelayanan Publik. Peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat Kota Denpasar dengan bertumpu pada ekonomi kerakyatan dengan melestarikan LPD dan UMKM, dan tentunya penguatan keseimbangan pembangunan pada berbagai dimensi berlandaskan Tri Hita Karana. “Tantangan kedepannya adalah meningkatkan kerja sama yang sudah berjalan sangat baik selama ini, tentunya untuk mencapai Sustainable Development atau pembangunan yang berkelanjutan,’’ ungkap Rai Iswara yang hadir didampingi Asisten Administrasi Umum IGN Eddy Mulya, Kabag Organisasi Setda Kota Denpasar IB Alit Adhi Merta dan unsur OPD terkait. *mi

Komentar