nusabali

Komit Tingkatkan Ekonomi dan Tekan Kemiskinan

  • www.nusabali.com-komit-tingkatkan-ekonomi-dan-tekan-kemiskinan

Kecamatan Mengwi menggelar pesta rakyat memperingati HUT ke–9 Ibukota Kabupaten Badung ‘Mangupura’ di Bencingah Puri Ageng Mengwi, Sabtu (27/10) malam.

MANGUPURA, NusaBali

Pesta rakyat ini sekaligus menjadi penutup rangkaian HUT ke–9 Mangupura. Acara dibuka oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ditandai dengan menancapkan Trisula. Acara HUT dihadiri anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I B Yoga Segara, pimpinan OPD Kabupaten Badung, Camat Mengwi beserta unsur Tripika Kecamatan, Lurah dan Perbekel se-Kecamatan Mengwi, tokoh serta masyarakat setempat.

Kecamatan Mengwi juga memutar video primetime sekilas tentang jejak langkah sosok pemimpin Kabupaten Badung dari masa kecil, masa remaja, karier politik hingga bagaimana komitmen Bupati Giri Prasta mengabdi untuk masyarakat.

Camat Mengwi I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra dalam laporannya menyampaikan, Kecamatan Mengwi terdiri dari 15 desa dan 5 kelurahan, dengan tagline quantitative meets culture, yang berarti Kecamatan Mengwi merupakan warisan sejarah tradisi dan budaya Kerajaan Mengwi yang berdiri sejak abad ke-17. Menurutnya, Pesta Rakyat Mengwi mengemas 3 konsep, yaitu hiburan, edukasi, dan inovatif.

Bupati Giri Prasta merasa bangga masyarakat Mengwi sudah kompak bersatu untuk membangun wilayahnya. Bupati juga mengapresiasi perayaaan HUT ke–9 Mangupura di Kecamatan Mengwi. Bupati juga menyampaikan komit untuk membantu dan meringankan beban masyarakat, baik kebutuhan pribadi masyarakat Badung seperti kesehatan gratis, pendidikan gratis, PBB gratis. Juga kebutuhan komunal seperti pengeluaran (peson-peson) upakara, upacara, perbaikan pura, balai banjar, dan lainnya. “Masyarakat Badung tidak perlu mengeluarkan uang untuk ini, sehingga dana dapat dikelola rumah tangga, maka ekonomi akan meningkat. Astungkara kemiskinan akan menurun sampai ke 0 persen. Saya ingin di Kecamatan Mengwi dari 15 desa serta 5 kelurahan di tahun 2020 nanti 0 persen kemiskinan. Itulah target kami di pemerintahan,” ungkapnya.

Bupati Giri Prasta juga sangat mendukung kegiatan sekaa teruna. Dari 536 sekaa teruna apapun kegiatannya baik di bidang olahraga maupun seni akan didukung. “Apapun kebutuhan sekaa teruna, baik itu sarana olahraga, gong, alat musik, Pemkab Badung siap membantu sehingga generasi muda terhindar dari mabuk-mabukan, melanggar ketertiban umum, dan menjauhi obat-obatan terlarang,” tandasnya.

Di bidang pendidikan, pemkab telah mengirim 20 pemuda dan pemudi Badung untuk kuliah di luar negeri. Disampaikannnya, pada 16 November 2018, Kabupaten Badung akan melaunching 52 aplikasi.

“Kita sudah memiliki Badung Command Center, conecting, controling, dan monitoring. Pemasangan fiber optic dan hardware tentang jaringan wifi sudah selesai, maka akhir November 2018 Kabupaten Badung dari ujung Utara sampai Selatan wifi gratis,” tambahnya. *asa

Komentar