nusabali

DLH Bagikan Ribuan Tas Ramah Lingkungan

  • www.nusabali.com-dlh-bagikan-ribuan-tas-ramah-lingkungan

Ribuan orang dari unsur TNI/Polri, pelajar, lembaga adat,  dan komunitas relawan menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Masceti, Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Minggu (28/10).

GIANYAR, NusaBali
Aksi yang dikoordinasikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar ini, serangkaian gerakan Indonesia Bersih 2018 dan peringatan Hari Habitat Dunia 2018.  Aksi itu diisi dengan pembagian ribuan tas ramah lingkungan secara gratis kepada warga yang terlibat aksi kebersihan. Kepala DLH Gianyar Wayan Kujus Pawitra mengatakan, aksi bersih-bersih ini juga serangkaian menyambut event internasional, Our Ocean Conference (OCC),  di Nusadua, Badung. Terkait pembagian tas ramah lingkungan, pejabat asal Banjar Kesian, Desa Lebih, Gianyar ini, mengurangi pemanfaatan kantong plastik. Sebab, dalam sehari diperkirakan ada 500.000 kantong plastik pelbagai ukuran, masih dimanfaatkan warga di Kabupaten Gianyar.

Mulai dari aktivitas ke pasar, di keluarga, hingga aktivitas lain. "Jika ingin generasi ke depan sehat dan terancam dari kerusakan lingkungan, ayo kurangi, bahkan hentikan pemakaian tas plastik,’’jelasnya.

Kujus Pawitra mengharapkan masyarakat terus meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan. Salah satu strateginya, perangi sampah plastik secara masif dengan tak lagi menggunakan tas plastik. Tak kalah penting, mulai dari rumah tangga tidak membuang sampah di sungai karena dampaknya sangat mengotori pantai.

Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan, aksi kebersihan yang rutin dikomando DLH Gianyar ini merupakan tindaklajut dari program Kementerian Koordinator Kemaritiman, diteruskan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. "Masyarakat harus aktif. Bagaimana pun kesadaran masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan, sangat penting," terangnya.

Jelas Sekda Wisnu, tema dari Hari Habitat Dunia 2018 yakni Municipal Solid Waste Managemant. Partisipasi masyarakat dapat didokumentasikan dan diteruskan ke Pusat. Dengan aksi ini, warga Gianyar memiliki Indonesia, dan ambil bagian dalam membersihkan wilayahnya. *nvi

Komentar