nusabali

PLN Tuntaskan Elektrifikasi 100 Persen di Jembrana

  • www.nusabali.com-pln-tuntaskan-elektrifikasi-100-persen-di-jembrana

Misi PLN untuk mencapai rasio elektrifikasi (RE) 100 persen, berhasil dituntaskan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Utara (UP3 Bali Utara) di wilayah Jembrana, Selasa (23/10).

NEGARA, NusaBali
Capaian RE 100 persen yang menandakan listrik telah dinikmati seluruh rumah tangga se-Jembrana, itu diresmikan bersama dengan penyerahan bantuan bedah rumah dari PLN kepada 2 Kepala Keluarga (KK) miskin di Jembrana, di aula Kantor Desa Pulukan, Banjar Arca, Desa Pulukan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Rabu (24/10) sore.

Dalam acara peresmian tersebut, dilakukan penandatangan deklarasi capaian RE 100 persen wilayah Jembrana oleh Manager PLN UP3 Bali Utara  I Gusti Made Aditya San Adinata, bersama Sekda Jembrana I Made Sudiada, mewakili Bupati Jembrana I Putu Artha. Selain penandatangan sertifikat tersebut, juga dilakukan penyerahan simbolis kepada 2 KK penerima bantuan bedah rumah PLN, yakni Ketut Sedra dan I Made Mudayana, yang sama-sama warga dari Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo. Untuk bantuan bedah rumah tersebut, masing-masing senilai Rp 30 juta.

Setelah dari aula Kantor Desa Pulukan, acara peresmian itu pun diakhiri dengan menghidupkan listrik di rumah keluarga I Nyoman Tantra, Banjar Arca, Desa Pulukan. Tantra yang warga miskin itu, merupakan keluarga terakhir yang telah dapat menikmati listrik atas capaian RE 100 persen wilayah Jembrana. Di mana sesuai pendataaan PLN bersama jajaran Desa/Kelurahan se-Jembrana per Juli 2018 lalu, diketahui ada 9 rumah tangga se-Jembrana yang belum menikmati listrik. Atas dasar itu, jajaran PLN UP3 Bali Utara langsung bergerak untuk membantu pemasangan listrik di 9 rumah tangga yang juga kebanyakan tersebar di kawasan pelosok tersebut, dan semua dipastikan tuntas per tanggal 23 Oktober lalu. Dalam menuntaskan sambungan listrik itu juga ada dibantu biaya penyambungan dari jajaran karyawan PLN se-Bali.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Utara  I Gusti Made Aditya San Adinata, didampingi Manager ULP  Negara, Ida Bagus Surya Respati, seusai acara peresmian tersebut, mengatakan, pihaknya juga merasa senang seluruh rumah tangga se-Jembrana telah dapat menikmati listrik. Tentunya, keberadaan listrik yang sudah 100 persen, itu pun akan membuat warga semakin leluasa beraktifitas, dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ke depannya seiring dengan pertumbuhan rumah tangga, pihaknya tetap akan berusaha memfasilitasi kebutuhan listrik kepada seluruh masyarakat hingga ke tingkat warga kurang mampu. “Kedepan kami berterimakasih jika ada informasi dari warga atau Pemda, jika ada warga yang belum dapat menikmati listrik. Kami tetap akan bersinergi dengan Pemda,” ujarnya.

Sekda Made Sudiada mewakili Bupati Artha, mengatakan sangat berterimakasih terhadap PLN yang telah mampu mewujudkan listrik ke seluruh wilayah Jembrana. Apa yang diinformasikan jajaran Pemkab Jembrana, sudah ditindaklanjuti dengan baik. Begitu juga dengan perhatian PLN yang memberikan bantuan bedah rumah untuk KK miskin.  “Kedepan sinergi yang sudah berjalan baik antara Pemda dengan PLN, kami harap dapat terjaga. Karena sinergitas ini memang sangat penting sekali sehingga program di Pemda juga berjalan baik, beriringan dengan tujuan baik PLN untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Djefri Marsono Hanok  menyatakan, dalam mewujudkan dua unit bantuan bedah rumah dari PLN yang telah resmi diserahkan Rabu kemarin, jajarannya dari Kodim Jembrana ikut terlibat sebagai pelaksana. Ia pun mengaku sangat mendukung program PLN dalam upaya membantu masyarakat, sehingga ketika diminta tolong bantuan tenaga, pihaknya memastikan selalu siap. “Setiap saat kami siap. Mungkin tidak hanya dari PLN. Dari semua instansi, ketika memang membutuhkan bantuan tenaga untuk membantu masyarakat, kami selalu siap,” ujarnya.*ode

Komentar