nusabali

Buleleng Terima Anugerah KASN Award

  • www.nusabali.com-buleleng-terima-anugerah-kasn-award

Pemkab Buleleng kembali menerima penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tahun 2018, atas kepatuhan dan kualitas tata kelola seleksi terbuka dalam pengisian jabatan pimpinan tinggi (leleng jabatan,red).

SINGARAJA, NusaBali
Penghargaann ini untuk kedua kalinya karena di tahun 2017 lalu, Pemkab juga menerima penghargaan yang sama. Penghargaan KASN ini diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Puspaka mewakili Bupati Buleleng, Selasa (23/10) di Jakarta. Dalam penganugerahan tersebut, Sekda Dewa Ketut Puspaka didampingi Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Promosi BKPSDM Kabupaten Buleleng, I Gusti Made Suryawan.

Dalam penganugerahan itu, ada sebanyak 75 daerah yang merebutkan Anugerah KASN tahun 2018 ini. Berdasarkan hasil verifikasi, media tracking dan kelengkapan usulan, maka selanjutnya disusun short list sebagai nominator utama. Nominator Utama Anugerah KASN 2018, terdiri dari 5 Instansi Kementerian/Lembaga,  6 instansi pemerintah provinsi, dan 9 instansi pemerintah kabupaten/kota, serta terdapat 9 instansi pemerintah nominator utama kategori inovasi pengembangan manajemen ASN.

Instansi pemerintah yang masuk nominator utama selanjutnya diundang melakukan ekspose atau paparan di hadapan Tim Panel Ahli. Dan Kabupaten Buleleng berada di urutan ketiga nasional dalam Bidang Kepatuhan dan Kualitas Tata Kelola Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi.

Ketua KASN, Prof Dr Sofian Efendi dalam sambutannya menyampaikan, akan pentingnya sistem merit untuk memajukan pemerintahan melalui peningkatan kualitas sumber daya aparatur. Pelaksanaan seleksi terbuka menjadi hal yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Selanjutnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili Deputinya berkesempatan memberikan arahan terkait arah dan strategi kebijakan pengembangan Human Capital dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara.

Sementara, Sekda Puspaka mengaku sangat bersyukur Kabupaten Buleleng bisa kembali meraih Anugerah KASN. Menurutnya, penghargaan ini harus bisa dicermati, karena penempatan jabatan di Pemkab Buleleng sudah sesuai prosedur yang ada. “Penghargaan ini kita raih karena konsistensi Pemkab Buleleng dalam menerapkan regulasi terkait dengan penempatan jabatan di struktur Pemkab Buleleng,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan seminar Pengembangan Human Capital dalam Manajemen ASN, dan Pembacaan serta penandatanganan Deklarasi Gerakan Nasional Netralitas ASN. Melalui anugrah ini diharapkan kedepan kualitas sistem merit yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan melalui pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dapat lebih baik dan menjadi motivasi bagi instansi pemerintah. *k19

Komentar