nusabali

BPBD Kota Denpasar Gencar Sosialisasikan Mitigasi Bencana

  • www.nusabali.com-bpbd-kota-denpasar-gencar-sosialisasikan-mitigasi-bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar gencar menggelar sosialisasi mitigasi bencana.

DENPASAR, NusaBali
Kegiatan yang menyasar masyarakat hingga lapisan terbawah ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi tentang kebencanaan. Hal ini dilakukan karena bencana bisa datang kapan saja, sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan mengambil langkah tepat jika nantinya terjadi bencana yang tentunya dapat meminimalisir resiko.

Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa didampingi Sekretaris BPBD Kota Denpasar, Rhicardus Ardhi Ganggas saat dikonfirmasi, Senin (22/10) mengatakan, Denpasar sebagai pusat kota memiliki tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi dengan beragam aktivitasnya. Sebagai salah satu daerah yang dekat dengan zona cincin api tentu kemampuan mitigasi bencana harus terus disosialisasikan dengan maksimal.

"Bencana bisa datang kapan saja, semua daerah memiliki kerawanan tersendiri apalagi daerah yang dilalui cincin api. Semua pihak harus waspada dan memahami yang namanya mitigasi bencana, sehingga kalaupun nanti terjadi bencana, resiko terburuknya dapat diminimalisir," jelasnya

Oleh karena itu, lanjut IB Joni, BPBD Kota Denpasat terus melaksanakan sosialisasi tentang mitigasi bencana. Mulai dari pemerintahan, perkantoran, hotel, restaurant, rumah sakit, sekolah, fasilitas publik, hingga linmas dan pecalang sebagai ujung tombak sosialisasi di tingkat desa/kelurahan. "Mitigas bencana harus dipahami seluruh masyarakat, dan semua elemen hingga yang terbawah harus bahu membahu saling memberi pengetahuan tentang mitigasi bencana," paparnya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan yakni sosialisasi penanganan bencana bagi pecalang dan linmas, edukasi dini mitigasi bencana kepada siswa TK/PAUD, simulasi bencana dengan menyasar sekolah, fasilitas umum serta lokasi strategis dengan jumlah kumpulan masyarakat yang banyak. Kegiatan tersebut dikemas mulai dengan cara memadamkan api, cara menyelematkan diri saat terjadi gempa dan tsunami, serta aspek-aspek penting mitigasi bencana lainya.

"Kita di BPBD Kota Denpasar sudah sejak dulu gencar memberikan edukasi mitigasi bencana atau cara-cara guna meminimalisir resiko saat terjadinya bencana, hal lainya yang turut disosialisasikan yakni tata cara mengatasi hewan liar, serta gangguan lainya yang beresiko. Dengan adanya pengetahuan tentang mitigasi bencana ini diharapkan masyarakat peduli sekitar dengan ikut bersama-sama mensosialisasikan dan mengurangi resiko bencana bersama-sama," tambahnya. *mi

Komentar