nusabali

Adi Wiryatama: Semoga Ini PAW Terakhir

  • www.nusabali.com-adi-wiryatama-semoga-ini-paw-terakhir

Dua anggota DPRD Bali dengan status Pengganti Antar Waktu (PAW) dilantik sekaligus dalam sidang paripurna di Gedung Dewan, Niti Mandala Denpasar, Senin (22/10), yakni Luh Putu Rumiyati (Fraksi PDIP Dapil Denpasar) dan I Gede Diatmaja (Fraksi Demokrat Dapil Karangasem).

Putu Rumiyati Datang, DPRD Bali Punya 6 Srikandi

DENPASAR, NusaBali
Dengan dilantiknya Luh Putu Rumiyati dan Gede Diatmaja, secara ekseluruhan sudahg ada 8 PAW anggota DPRD Bali periode 2014-2019. Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama, berharap ini PAW terakhir.

Luh Putu Rumiyati dilantik sebagai anggota Fraksi PDIP DPRD Bali 2018-2019, untuk menggantikan almarhum AA Kompiang Raka yang meninggal dunia. Rumiyati adalah caleg peraih suara terbanyak kelima di internal PDIP Dapil Denpasar dalam Pileg 2014 lalu. Srikandi PDIP asal Kelurahan Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur ini berada di bawah almarhum Kompian Raka, Wayan Kariartha, I Gusti Putu Budiarta, dan AA Ngurah Ardhi Ardhana yang berhak atas kursi DPRD Bali kala itu.

Sedangkan Gede Diatmaja dilantik sebagai anggota Fraksi Demokrat DPRD Bali 2018-2019, untuk menggantikan I Gusti Putu Widjera yang di-PAW induk partainya. Widjera diberangus, karena politisi senior asal Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem ini lompat pagar nyaleg dengan kendaraan NasDem Dapil Karangasem dalam Pileg 2019. Saat Pileg 2014, Gede Diatmaja (politisi asal Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem) tampil sebagai caleg peraih suara terbanyak kedua di internal Demokrat Dapil Karangasem, di bawah Widjera.

Adalah Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama yang langsung mengambil sumpah jabatan anggota PAW Rumiyati dan Diatmaja dalam sidang paripurna Dewan, Senin kemarin. “Saya ucapkan selamat bertugas. Semoga ini adalah PAW terakhir untuk DPRD Bali periode sekarang. Semoga semua panjang umur dan bisa melaksanakan tugas dengan baik. Soalnya, sudah 6 kali sebelumnya saya melantik PAW,” ujar politisi senior PDIP asal Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan ini.

Usai ambil sumpah jabatan Rumiyati dan Diatmaja kemarin, Adi Wiryatama berpesan supaya kedua anggota DPRD Bali berstatus PAW tersebut melaksanakan tugas dengan maksimal dan bisa mengawal aspirasi masyarakat serta konstituen. “Dengan sisa jabatan yang relatif singkat, laksanakan amanat rakyat dengan baik. Segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tugas Anda,” jelas Adi Wiryatama yang kini Sekretaris Dewan Pertimbangan Daerah (Deperda) PDIP Bali.

Sekadar catatan, sebelum dilantiknya Luh Putu Rumiyati dan Gede Diatmaja, sudah ada 6 anggota DPRD Bali dilantik Adi Wiryatama dengan status PAW. Pertama, IGA Diah Werdhi Srikandi, dari Fraksi PDIP Dapil Jembrana. Diah Srikandi yang notabene adik dari Senator Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna menggantikan almarhum Ida Bagus Ketut Birawa yang meninggal dunia.

Kedua, I Made Suardana, dari Fraksi Golkar Dapil Jembrana. Suardana yang notabene Ketua DPD II Golkar Jembrana menggantikan almarhum I Ketut Suania yang meninggal dunia. Ketiga, I Nyoman Oka Antara, dari Fraksi PDIP Dapil Karangasem. Politisi PDIP asal Desa Tianyar, Kecamatan Kubu ini menggantikan Ni Made Sumiati, yang di-PAW karena maju sebagai Calon Wakil Bupati dalam Pilkada Karangasem 2015.

Keempat, I Nyoman Laka, dari Fraksi PDIP Dapil Badung. Nyoman Laka menggantikan I Wayan Disel Astawa, yang diberangus induk partainya karena membelot di Pilkada Badung 2015. Kelima, I Wayan Sudiara, dari Fraksi Gerindra Dapil Denpasar. Sudiara menggantikan Jro Gede Komang Suwastika, yang ditangkap polisi sebagai tersangka bandar narkoba.

Keenam,  I Made Dauh Wijana, dari Fraksi Golkar Dapil Gianyar. Politisi asal Desa/Kecamatan Tegallalang yang juga Ketua DPD II Golkar Gianyar ini menggantikan Tjokorda Raka Kerthyasa alias Cok Ibah, yang di-PAW karena maju sebagai Calon Bupati di Pilkada Gianyar 2018. Cok Ibah merupakan politisi senior asal Puri Agung Ubud yang sempat dua kali periode duduk di DPRD Bali Dapil Gianyar.

Dengan dilantiknya Luh Putu Rumiyati dengan status PAW, praktis memperpanjang daftar Srikandi di DPRD Bali saat ini. Sebelum Rumiyati hadir, sudah ada 5 Srikandi Politik di DPRD Bali 2014-2019. Mereka masing-masing Utami Dwi Suryadi (Fraksi Demokrat Dapil Denpasar), Ni Putu Yuli Artini (Fraksi Golkar Dapil Karangasem yang notabene putri dari mantan Bupati I Wayan Geredeg), Ni Kadek Darmini (Fraksi PDIP Dapil Karangasem), Ni Made Arini (dari Hanura Dapil Buleleng), dan Diah Werdhi Srikandi (Fraksi PDIP Dapil Karangasem). *nat

Komentar