nusabali

Klungkung Gelar 17 Pilkel Serentak

  • www.nusabali.com-klungkung-gelar-17-pilkel-serentak

17 desa di Kabupaten Klungkung menggelar pemilihan perbekel (pilkel) atau kepala desa secara serentak, Minggu (21/10) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali

Secara umum jalannya Pilkel ini lancar, namun ada perolehan suara yang sama terhadap dua kandidat pada calon perbekel Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

Dari tiga kandidat calon perbekel di Desa Sakti, yang memperoleh suara sama, yakni I Ketut Partita 822 suara dan I Gede Astika 822 suara, sementara satu kandidat lagi I Made Udiana meraih 477 suara. Sesuai dengan ketentuan Pasal 38 ayat 2 Perbup Nomer 42 Tahun 2018 Tentang Peraturan Daerah Kabupaten Klungkung Nomer 12 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Perbekel, maka yang dinyatakan sebagai tercalon perbekel terpilih adalah I Ketut Partita. "Apabila ada calon perbekel terpilih memperoleh jumlah suara yang sama lebih dari satu, maka penentuan calon prebekel terpilih ditentukan berdasarkan atas perolehan suara sah terbanyak di TPS," ujar Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Klungkung, I Wayan Suteja. Kata dia, keputusan itu sudah bisa diterima.

Dijelaskan adapun perolehan suara saat Pilkel Serentak ini, yakni di Kecamatan Klungkung Desa Kampung Gelgel calon terpilihnya Sahidin 365 suara, Desa Satra I Dewa Putu Oka Arsana 618 suara, Desa Tojan I Wayan Suastawa 1.389 suara, Desa Selat I Gusti Putu Ngurah Adyana 2.386 suara. Kecamatan Banjarangkan di Desa Bakas  I Wayan Murdana 598 suara, Desa Nyalian Cokorda Maha Putra 2.008 suara.

Desa Nyanglan I Nyoman Stemer 703 suara, Desa Aan I Wayan Wira Adnyana 809 suara, Desa Tihingan I Wayan Sugiarta 1.114 suara.

Kecamatan Dawan di Desa Besan I Ketut Yase 765 suara, Desa Dawan Kaler I Kadek Sudarmawa 1.018 suara, di Desa Kusamba I Nengah Semadi Adnyana 1.816 suara. Di Kecamatan Nusa Penida, Desa Kutampi Kaler I Made Mudra 573 suara, di Desa Kampung Toyapakeh Dwi Jati Susato 269 suara, Desa  Pajukutan I Made Arya 1.542 suara, Desa Batumadeg I Made Mustika 766 suara.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta juga memonitoring Pilkel tersebut. Kata Bupati Suwirta pilkel sudah berjalan sangat baik."Saya berharap, setelah pencoblosan ini, siapapun yang menang jangan sampai ada yang ribut, yang kalah agar juga masih tetap memberikan kontribusi pemikiran atau ide untuk membangun desa," ujarnya. *wan

Komentar