nusabali

Widodo Ungkap Penyebab Bali United Kalah di Malang

  • www.nusabali.com-widodo-ungkap-penyebab-bali-united-kalah-di-malang

Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putra mengungkapkan, perubahan mendadak membuat permainan Serdadu Tridatu tidak sesuai harapan, saat dikalahkan Arema FC 1-3,  di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (20/10).

MALANG, NusaBali
Widodo mengatakan, Bali United awalnya mempersiapkan sejumlah pemain meladeni Arema. Bahkan sejak awal sudah mengantisipasi permainan pressing Arema. Namun absennya Nick Van Der Velden dan kiper Wawan Hendrawan, membuat rencana itu berantakan.

“Memang ada beberapa mis komunikasi di antara pemain, jadi ke depannya kami harus perbaiki kesalahan, karena memang inilah yang ada sekarang,” kata Widodo. Soal keputusannya memilih Sutanto Tan dibandingkan Fadil Sausu yang lebih berpengalaman sebagai starter, Widodo menyatakan, hal itu karena Fadil baru saja pulih dari cedera.

“Saya tidak ingin mengambil risiko menurunkan Fadil. Sutanto diplot di situ untuk meng-cover Konate Makan. Terbukti dia tidak bisa mencetak gol, dan kesulitan bergerak. Konate hanya bisa mencetak gol dengan tendangan bebas,” kata Widodo.

Sedangkan soal lini depan yang kurang maksimal, dan sering salah posisi, Widodo berdalih hal itu karena pressing ketat pemain belakang Arema, sehingga ada kesalahan yang dilakukan.

“Saya pikir Arema sudah mengantisipasi pergerakan [Ilija] Spasojevic dan [Melvin] Platje, termasuk Irfan [Bachdim]. Tetapi kami pikir pemain sudah berusaha, dan bisa mencetak satu gol. Kemudian ada tendangan bebas Konate yang kembali meruntuhkan mental pemain,” kata Widodo..

Tentang kesalahan di belakang, Widodo enggan menyalahkan strateginya yang memaksa Ahmad Agung menjadi stoper dari posisi aslinya sebagai gelandang bertahan. Menurut Widodo, Ricky Fajrin yang biasa sebagai bek tengah di tim nasional tetap dimainkan di sayap dengan tujuan menjaga pergerakan winger Arema.

“Memang Ricky tidak dimainkan seperti di tim nasional, karena Arema memiliki kekuatan di sayap. Kenapa Ahmad Agung yang dimainkan di tengah? Kemarin dia bermain bagus ketika melawan Mitra Kukar bersama Agus Nova. Saya tidak tahu kenapa dia bermain di bawah form,” kata Widodo. ***

Kekalahan itu membuat Bali United sementara terlempar dari posisi empat besar Liga 1. Kini Serdadu Tridatu bertengger diperingkat lima dengan 40 poin. Selisih tujuh poin dari peringkat pertama PSM Makassar. *

Komentar