nusabali

Pemburu Informasi Kuliah dan Beasiswa Padati Pameran Pendidikan Luar Negeri NIEC Indonesia 2018

  • www.nusabali.com-pemburu-informasi-kuliah-dan-beasiswa-padati-pameran-pendidikan-luar-negeri-niec-indonesia-2018

Pameran dikemas dengan konsultasi mengenai informasi untuk bersekolah di luar negeri yang langsung dipandu oleh mahasiswa atau alumni dari kampus-kampus yang bersangkutan.

DENPASAR, NusaBali 
Sebanyak 16 kampus dari 5 negara, yang terdiri dari Australia, New Zealand, Kanada, Korea Selatan, dan Irlandia, turut membuka stand dan siap untuk memberi informasi seputar bagaimana berkuliah di luar negeri. Pameran Pendidikan (Education Expo) tersebut diselenggarakan pada Sabtu (20/10) dari pukul 15.00 hingga 20.00 WITA berlokasi di Ibis Style Hotel, Jalan Teuku Umar, Denpasar.

Foto: Stand Charles Darwin University di NIEC Education Expo - Dok. NusaBali

Education Expo tersebut sebenarnya telah rutin diadakan setahun dua kali yakni pada Januari dan Oktober di empat kota (Tanjung Pinang, Yogyakarta, Bali, dan Makassar) sejak tahun 2016 oleh NIEC (Naresy International Education Consultant) Indonesia, sebuah konsultan Pendidikan yang khusus bergerak untuk membantu anak muda Indonesia dalam menemukan sekolah impiannya termasuk memberi informasi seputar beasiswa untuk bersekolah di luar negeri.

Foto: Para Peserta dan Orang Tua Terlihat Memadati NIEC Education Expo - Dok. NusaBali

Menurut Yoga Paramartha, selaku Penanggung jawab dari Education Expo tersebut, tercatat hampir 800 peserta telah mendaftarkan dirinya pada panitia untuk menghadiri Education Expo pada bulan Oktober ini dan dari tahun ke tahun, minimal 50% yang hadir. Ia pun menaruh ekspektasi bahwa yang hadir hari ini mencapai 400 peserta.

“Yang registrasi sudah hampir mencapai 800 orang, kalau kita lihat kembali dari expo sebelumnya, yang datang bisa mencapai 200 sampai 300 orang, itu kira-kira 50% dari yang sudah registrasi. Jadi, untuk expo hari ini kita ekspektasi yang datang 400-an,” jelas Yoga saat ditemui NusaBali di sela-sela acara (20/10) di Ibis Style Hotel.

Sasaran dari program ini tertuju pada anak-anak muda usia SMA dan kuliahan yang ingin melanjutkan bersekolah ke luar negeri atau ingin sekedar tahu bagaimana rasanya bersekolah di luar negeri, berapa biayanya, dan bagaimana kehidupan di sana.

“Tujuannya kita mengadakan acara ini, untuk mereka lebih tahu kuliah di luar negeri itu seperti apa, jadi lebih mensosialisasikan kuliah di luar negeri itu. Akhirnya nanti adalah, kita ingin meningkatkan jumlah orang Indonesia yang kuliah ke luar negeri. Jadi, ketika mereka kembali, mereka mendapatkan skill dan pengetahuan yang lebih, yang bisa mereka gunakan untuk membangun Indonesia itu sendiri,” sambung Yoga

Sebagian peserta terlihat turut menggandeng orang tuanya untuk ikut mendampingi untuk berkonsultasi dengan narasumber-narasumber yang hadir di setiap stand. Sebut saja, Gede Bayu Suta Laksana yang datang Bersama ibunya. Jauh-jauh datang dari Jimbaran, dirinya ingin mencari informasi seputar salah satu kampus yang ingin ditujunya di Kanada.

“Saya memilih di Canadian College di Vancouver, Kanada, ingin mengambil diploma Business Management. Tadi alumni dari Canadian College menjelaskan tentang sistem Pendidikan di sana, fasilitas apa yang didapat, juga tentang gaya hidup di sana. Saya sudah lumayan mantap di situ karena sebelumnya sudah daftar juga,” ungkap Bayu yang ternyata telah diterima di Canadian College.

NIEC sendiri yang tersebar di Tanjung Pinang, Yogyakarta, Bali, dan Makassar, telah sedikit banyaknya berhasil menghantarkan 70 hingga 100 orang per tahun untuk bersekolah di luar negeri. Menurut Yoga, sekitar 40% yang berangkat berasal dari event Education Expo, 40% berikutnya datang dari orang-orang yang telah berangkat melalui bantuan NIEC dan mempromosikannya pada yang lain, dan 20% berasal dari media sosial NIEC. *ph

Komentar